Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 16:56 WIB

Fotografi

Tips Membuat Foto Pertunjukan Menarik

Oleh : Nur Ikhsan Suryakusumah | Minggu, 29 Juli 2012 | 13:14 WIB
Tips Membuat Foto Pertunjukan Menarik
inilah.com/Nur Ikhsan Suryakusumah
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Menghasilkan foto yang apik dari sebuah pertunjukan panggung seringkali pupus, karena yang diperoleh justru foto blur, terlampau gelap atau terlampau terang.

Apalagi dalam memotret pertunjukan panggung sering kali ada larangan dalam penggunaan speedlite atau flash, sebab dapat mengganggu konsentrasi si artis.

Untuk menyiasatinya, silakan simak beberapa tips di bawah ini:

1. Foto panggung memiliki beberapa tantangan yang harus disiasati, terutama adalah karena pencahayaan yang rendah.

Bagi yang mempunyai lensa dengan diafragma besar (misalnya f/2,8), kondisi tersebut mungkin bukanlah masalah yang berarti. Tapi lain cerita apabila lensa yang digunakan memiliki diafragma yang lebih kecil.

2. Bagi yang menggunakan lensa berdiafragma terbesar f/4 atau f/5,6 maka harus membuat kompensasi cahaya, karena kalau tidak maka foto yang dihasilkan akan blur.

Untuk menyiasatinya cobalah menggunakan model pengambilan gambar apperture priority (prioritas bukan pada bukaan diafragma).

3. Selain itu jangan lupa mempersiapkan kompensasi dan menggunakan matrix untuk metering-nya. Untuk latar belakang gelap gunakanlah kompensasi minus. Sebaliknya untuk latar belakang yang terang, gunakan kompensasi plus.

4. Demikian juga halnya dengan ISO dan white balance, sebaiknya menggunakan white balance 5.000 kelvin atau pilih yang bergambar matahari.

Dengan kondisi pencahayaan yang berubah-ubah, pilihan white balance itu dimaksudkan untuk memberi keleluasaan lebih kepada fotografer untuk mengoreksi hasil jepretan di komputer.

5. Ada baiknya juga menggunakan format RAW sehingga dapat mengoreksi foto yang mungkin terlalu gelap tanpa terlalu merusak foto.

Perlu juga diingat bahwa dalam low light photography, seorang fotografer harus menyediakan porsi untuk proses di komputer. Jangan terlampau puas dengan hasil yang muncul di layar LCD kamera karena akan berbeda jika sudah dipindahkan ke komputer.

6. Selain itu, untuk membuat foto pertunjukan yang menarik sebaiknya menunggu sampai ada cahaya kuat pada objek foto dan tunggu momen yang tepat.

Selamat mencoba! [mor]

Komentar

Embed Widget
x