Find and Follow Us

Sabtu, 25 Januari 2020 | 07:13 WIB

Google Rayakan Ultah Bapak Ilmu Komputer

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Sabtu, 23 Juni 2012 | 12:53 WIB
Google Rayakan Ultah Bapak Ilmu Komputer
google
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Hari ini Google Doodle merayakan ulang tahun obituari dari Bapak Ilmu Komputer, yakni Alan Turing. Seperti apa?

Seperti yang ditelusuri Inilah.com, hari ini Google memasang semacam gambar Mesin Turing (model komputer awal yang digunakan untuk perhitungan matematis) di halaman depan situs pencari mereka.

Jika pengguna mengklik gambar tersebut, maka mereka akan masuk ke halaman pencarian yang berhubungan dengan Alan Turing.

Berdasarkan penelusuran di Wikipedia, disebutkan bahwa Turing adalah seorang ilmuan di bidang matematika dan komputer. Ia juga merupakan pahlawan perang Inggris.

Ilmuwan yang lahir 23 Juni 1912 dan meninggal pada 7 Juni 1954 ini adalah orang dari peneliti-peneliti komputer modern digital pertama.

Selain itu, dia adalah orang pertama yang berpikir menggunakan komputer untuk berbagai keperluan. Dia mengatakan bahwa komputer dapat menjalankan berbagai program.

Ia juga memberikan ide tentang mesin Turing, mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah.Turing juga yang mencetuskan tes Turing. Namanya juga diabadikan dalam nama Penghargaan Turing.

Setelah Perang Dunia II selesai, Alan Turing berubah pikirannya untuk pengembangan mesin yang secara logis akan memproses informasi.

Ia kemudian bekerja untuk National Physical Laboratory (1945-1948). Namun, rencananya itu ditolak oleh rekan-rekannya dan laboratorium yang diusulkan untuk proyek tersebut kalah untuk menjadi yang pertama merancang komputer digital.

Pada 1949, ia pergi ke Manchester University. Di kampus ini ia memimpin laboratorium komputasi dan mengembangkan sebuah mesin yang membantu untuk membentuk dasar-dasar pada bidang kecerdasan buatan.Pada tahun 1951 dia dipilih sebagai salah satu anggota dari Royal Society.

Google Doodle pertama dibuat pada 1998 dan mendapat hak paten pada 2010. Sejumlah tokoh dan hari besar dunia pernah dibuatkan Google Doodle-nya.

Penasaran ingin melihatnya? Buka Google hari ini. [ikh]

Komentar

x