Find and Follow Us

Minggu, 8 Desember 2019 | 07:16 WIB

Gawat! Dua Ancaman Baru Hantui Laut Dunia

Oleh : Billy A. Banggawan | Minggu, 30 Oktober 2011 | 01:50 WIB
Gawat! Dua Ancaman Baru Hantui Laut Dunia
savedit.at
facebook twitter

INILAH.COM, Athena Kondisi laut dunia kembali mendapat ancaman baru. Seperti di Teluk Meksiko, limpasan pertanian serta karbon dioksida atmosfer menjadi ancaman menakutkan.

Meningkatnya pengasaman di perairan teluk dari perpaduan efek limpasan pupuk yang terbawa Mississippi River ke teluk utara serta paparan karbon dioksida yang berlebihan dari pembakaran bahan bakar fosil yang mampu menggangu kemampuan kerang dan makhluk laut lain untuk membentuk dan menjaga kulitnya.

"Sebelumnya, ilmuwan hanya mengkhawatirkan rendahnya oksigen di air sepanjang pesisir. Penelitian kami menunjukkan, rendahnya oksigen dan pengasaman menjadi hal yang mengkhawatirkan," papar profesor sain kelautan Wei-Jun Cai dari University of Georgia.

Peningkatan keasaman laut ini akan menganggu proses pembentukan dan perawatan kulit kerang atau tulang makhluk laut lain. Pengukuran di sungai terbesar di Asia, Changjaing River, menunjukkan hasil sama.

"Banyak sumber perikanan disini mengalami hal serupa di Teluk Meksiko. Hal ini jelas akan berakibat pada rantai makanan," tutup ilmuwan kelautan James T. Hollibaugh seperti dikutip UPI. [mor]

Komentar

Embed Widget
x