Rabu, 30 Juli 2014 | 07:56 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Ikan Paus Beranak di Daratan
Headline
istimewa
Oleh: Budi Winoto
Teknologi - Minggu, 8 Februari 2009 | 07:39 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta Ikan paus pada zaman dulu beranak di daratan. Fosil yang ditemukan di Pakistan menunjukkan, proses persalinan ikan paus zaman dulu seperti yang terjadi pada mamalia daratan modern pada saat ini.

Fosil ikan paus termasuk yang sedang bunting ditemukan di Pakistan Tengah pada 2000 dan 2004. Penemuan itu menyediakan informasi penting pada ilmuwan, tentang kehidupan, waktu dan struktur sosial ikan berukuran besar itu.

Keluarga cetacean yang ada sekarang, yang terdiri dari mamalia air termasuk ikan paus dan lumba-lumba muncul di Asia Selatan sekitar 55 juta tahun lalu.

Di wilayah itu, ahli purbakala menemukan binatang semiaquatik yang mirip dengan cetacean, termasuk binatang seukuran serigala berumur 50 juta tahun dan yang lebih kecil lagi berumur 48 juta tahun.

Binatang seperti itu menunjukkan proses berhentinya evolusi. Sementara paus modern mulai terbentuk pada masa 30 juta tahun lalu.

Philip Gingerich, paleontologist dari University of Michigan dan sejawatnya meneliti keluarga cetacean dengan panjang 2,6 meter itu. Binatang seperti ini diperkirakan banyak terdapat di Asia Selatan pada 47,5 juta tahun lalu.

Sisa fosil sangat sedikit termasuk tengkorak. Namun posisi dan orientasi calon bayi memberikan petunjuk penting. Kepala berada di lubang peranakan yang menunjukkan bayi ikan paus akan lahir dengan kepala terlebih dulu.

Hal itu menunjukkan binatang ini melahirkan di daratan. Mamalia darat biasanya melahirkan kepala dulu sehingga bayinya bisa bernafas. Tapi ikan paus modern lahir ekor terlebih dulu agar bayinya tidak kehabisan napas saat dilahirkan.[ito]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER