Kamis, 31 Juli 2014 | 14:23 WIB
Follow Us: Facebook twitter
2 Faktor Sebabkan Prediksi Sinabung Meleset
Headline
Gunung Sinabung - IST
Oleh:
Teknologi - Selasa, 31 Agustus 2010 | 08:12 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta Prediksi salah pada gunung Gunung Sinabung yang tiba-tiba meletus menyebabkan masyarakat panik. Ada dua faktor yang menyebabkan prediksi itu tidak tepat.

"Kemungkinannya karena kesalahan alat atau karena tidak ada alat yang cukup. Bisa juga karena salah intepretasi karena kurang alat dan kurang data, kata Armi Susandi, Dosen Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB saat dihubungi INILAH.COM dari Jakarta, kemarin.

Ia menilai melesetnya prediksi meletusnya Gunung Sinabung karena data tidak cukup, atau alatnya yang tidak cukup. Seperti yang kita ketahui sendiri, gunung itu sudah tidak aktif selama ratusan tahun. Dari situ juga bisa terjadi salah intepretasi, katanya.

Ia menjelaskan untuk memprediksi apakah akan meletus, diperlukan data yang panjang sehingga diketahui karakter gunung itu. Secara teori, tidak ada ilmu yang dapat memprediksi dengan tepat kapan gunung api akan meletus.

Tapi gunung sudah menunjukkan gejala-gejala akan meletus, sehingga bisa diprediksi dibandingkan yang tidak menujukkan gejala sama sekali.

Kalau itu vulkanik, ada gelaja-gejala yang bisa dilihat, tinggal melihat apakah ada alat yang cukup di daerah itu. Jika ada alat yang cukup dan data yang panjang, maka mungkin menunjukkan karakter yang berbeda dari yang meletus saat ini, katanya.[ito]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER