Selasa, 21 Oktober 2014 | 05:48 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Lupromax Turunkan Emisi Gas Buang 40%
Oleh: Augusta B. Sirait
Teknologi - Rabu, 25 Agustus 2010 | 10:15 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta- Kini ada alternatif pengurangan emisi gas buang dengan zat aditif. Namun sebaiknya dipelajari terlebih dahulu agar tidak merusak mesin.

Penggunaan zat aditif atau penghemat bahan bakar minyak (BBM) bisa menjadi alternatif pengurangan emisi gas buang. Formula aditif dalam Lupromax-EA Engine Oil Additive dan Lupromax-DFT Diesel Fuel Treatment akan mengoptimalkan kinerja mesin. Selain mengurangi tingkat emisi gas buang yang dihasilkan dari sisa pembakaran mesin.

Direktur Utama PT Anugerah Widjaja Mandiri Chemindo Ruby Widjaja mengaku, pihaknya sudah melakukan serangkaian uji coba dengan mesin khusus, untuk membuktikan kemampuan oli aditif ini pada mesin yang bekerja. "Hasilnya, zat ini terbukti mampu menahan beban kerja berat dan melindungi mesin dari kerusakan yang mungkin terjadi," ujar Ruby, yang juga pemasok Lupromax di Indonesia.

Banyaknya kendaraan umum, kendaraan operasional dan alat berat yang berbahan bakar solar, memicu tingkat resiko emisi gas buang jauh lebih tinggi, bahkan melebihi ambang batas (kurang dari 50 ppm).

Sementara tingginya angka polusi dari mesin berbahan bakar solar, juga diperparah kualitas bahan bakar, frekuensi perawatan (maintenance) kendaraan, serta umur kendaraan yang sudah melewati masa pakai.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan di Isuzu Astra, LupromaxDiesel Fuel Treatment terbukti dapat menurunkan lebih dari 40 % emisi gas buang dari hasil pembakaran mesin dan mendispersikan sludge deposit/gummy deposit, sehingga dapat membersihkan deposit dalam sistem saluran pembakaran.

Selain itu, hasil reaksi dengan sludge deposit akan menghasilkan kandungan sulfolane (tetramethylene sulfone) yang berfungsi sebagai corrosion inhibitor.

Penggunaan produk ini juga terbukti dapat meningkatkan Cetane Index, menghemat pemakaian bahan bakar, mencegah terjadinya korosi pada sistem pembakaran, mengikat air yang mengkontaminasi solar akibat kondensasi dan merubahnya menjadi Hydrogen Fuel, dan juga memperpanjang umur mesin kendaraan.

Lupromax, produsen oli asal Kanada memperkenalkan dua produknya yaitu LupromaxEA Engine Oil Additive dan Lupromax-DFT Diesel Fuel Treatment, untuk kebutuhan oli aditif dan campuran bahan bakar yang mampu meningkatkan kinerja mesin.

LupromaxEA Engine Oil Additive menggunakan teknologi Heat Activated Technology (HAT), yang mampu mengurangi panas pada mesin dan memberikan perlindungan terhadap mesin dalam kondisi ekstrim. Dimana meski terjadi kebocoran oli total, mesin masih dapat berjalan sementara tanpa menimbulkan friction dan kerusakan lebih lanjut.

Penggunaan Lupromax-EA Engine Oil Additive juga berguna meningkatkan tenaga dan akselerasi pada mesin kendaraan, mengurangi tingkat kerusakan mesin kendaraan akibat gesekan, menurunkan emisi gas buang dan mampu memperpanjang penggunaan oli pada kendaraan sampai dengan 10 ribu km.

Lupromax-EA Engine Oil Additive dan Lupromax-DFT Diesel Fuel Treatment masing-masing dibandrol Rp77 ribu dan Rp47 ribu. [ast]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER