Minggu, 31 Agustus 2014 | 01:13 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Wow, Meteor Raksasa Jatuh ke Bumi
Headline
Ist
Oleh: Budi Winoto
Teknologi - Rabu, 3 Desember 2008 | 08:28 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Vancouver Ilmuwan menemukan sisa meteor yang terlihat bersinar terang di langit Kanada bulan lalu. Meteor ini sebelumnya terlihat sebagai bola api raksasa di langit.

Ilmuwan Universitas Calgary Alan Hildebrand dan Ellen Milley menemukan beberapa pecahan meteor dekat Battle River. Meteor juga ditemukan di perbatasan Alberta-Saskatchewan dekat Lloydminster.

Mereka mengatakan bisa menemukan ribuan potongan meteroit yang terserak sejauh 7 mil persegi di wilayah daratan yang rata dan tidak berpenduduk.

Pada 20 November, penduduk di Manitoba, Saskatchewan dan Alberta dikagetkan dengan munculnya bola api raksasa yang melintas di angkasa tiga provinsi itu. Saksi mata melaporkan mendengar gemuruh dari cahaya yang terang seperti sinar matahari.

Hildebrand, yang juga koordinator pengawas meteor di Canadian Space Agency, memperkirakan meteor bisa ditemukan sejauh 434 mil. Kemungkinan sisa meteor juga bisa ditemukan di wilayah Amerika Serikat.

Video yang disiarkan televisi memperlihatkan meteor terlihat sebagai bola api raksasa yang makin membesar dan makin terang. Sebelum menyentuh tanah cahaya ini menghilang.

Meteor ini memiliki sekitar sepersepuluh kiloton energi saat masuk ke atmosfer bumi. Energinya setara dengan ledakan TNT seberat 100 ton.

"Itu sama dengan satu miliar watt lampu bohlam," kata Hildebrand.[ito]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER