Senin, 28 Juli 2014 | 17:17 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Terungkap, Rahasia Kematian Cleopatra
Headline
telegraph.co.uk
Oleh: Ellyzar Zachra PB
Teknologi - Kamis, 1 Juli 2010 | 06:19 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Berlin- Ilmuwan Jerman menemukan Cleopatra meninggal bukan karena gigitan ular tapi minuman beracun. Ratu Sungai Nil ini diceritakan meninggal akibat gigitan ular Egyptian cobra yang mematikan.
Namun, Christoph Schaefer, ahli sejarah asal Jerman dan profesor di University of Trier, menampilkan bukti bahwa terdapat obat-obatan yang menjadi alasan kematian dan bukan reptil.
Ratu Cleopatra begitu terkenal akan kecantikannya dan tidak mungkin dirinya melakukan sesuatu yang dapat menodai kematiannya, ujar Schaefer seperti dikutip dari Telegraph.
Ia kemudian melakukan perjalanan dengan ahli lain menuju Alexandria, Mesir di mana melakukan penelitian dari bacaan medis kuno serta ahli ular. Cleopatra menginginkan kecantikan yang abadi dalam kematiannya untuk menjaga mitos dirinya, kata Schaefer dalam acara Adventure Science di stasiun televisi Jerman.
Dia mungkin saja mengkonsumsi minuman yang mengandung opium, hemlock dan aconitum. Campuran ini diketahui menyebabkan kematian tanpa rasa sakit dalam beberapa jam, sedangkan kematian akibat ular membutuhkan waktu beberapa hari dan terasa menyakitkan.
Cleopatra memerintah pada tahun 51SM hingga 30SM dan merupakan orang terakhir yang memerintah Mesir sebagai Firaun. Setelah kematiannya, Mesir menjadi provinsi Romawi.
Cleopatra merupakan sekutu dari Kaisar Romawi Julius Caesar dan menjalin hubungan dengan Jenderal Romawi, Mark Antony.
Cleopatra dan Mark Antony diceritakan memiliki tiga anak dan terdapat surat yang menyebutkan bahwa mereka telah menikah meskipun keduanya sama-sama telah berkeluarga.
Pada 44 SM, setelah pembunuhan Caesar, Cleopatra bersama Antony bertentangan dengan pewaris Caesar, Gaius Julius Caesar Oktavianus. Setelah kalah di Pertempuran Actium dari pasukan Oktavianus, Antony bunuh diri.
Cleopatra kemudian menyusul dengan meninggal pada usia 39 tahun pada 12 Agustus 30SM.[ito]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
24 Komentar
yani
Selasa, 28 Februari 2012 | 14:40 WIB
Siapapun dan bagaimanapun Cleopatra dia seorang the history doer yang amazing,beautyfull and eternal...
kanya
Sabtu, 7 Januari 2012 | 11:30 WIB
Saya pernah baca di salah satu buku yang diterbitkan. disana dikatakan bahwa cleopatra merupakan sosok wanita yang tangguh. memimpin dinasti dengan tenang dan tegas hal itu dibuktikan dengan beberapa kemenangan yang mereka dapatkan atas perang. Namun banyak sekali orang yang berprasangka buruk atas dirinya dan memvonis bahwa seseungguhnya dia tak layak ditiru. cleopatra banyak digambarkana sebagai seorang wanita mesir yang haus akan 'sex' namun nyatanya suami cleopatra satu-satunya adalah Julius Caesar dan meninggal pada saat berperang. Setelah itu ia menikah dengan Mark Antony . Tidak ada yang disalahkan hanya karena menikah 2 kali, zaman sekarang bnyak yang menikah bahkan 3 kali atau lebih dan mempunyai istri banyak (monogami).
natasyarenggani
Sabtu, 17 Desember 2011 | 19:20 WIB
saya pernah dengar tentang cleopatra apakah cleopatra itu memakai behel besar??
Irul
Rabu, 26 Oktober 2011 | 20:34 WIB
ilove cleopatra aku ingin geble kamu cleopatra!!!1
alvi
Kamis, 6 Oktober 2011 | 10:50 WIB
Saya pernah bca buku yg isinya mengungkap apakah Cleopatra sebenernya wanita tercantik dalam sejarah sprti yg sebagian besar orang percya saat ini.dlam bku tersebut dijelaskan bahwa seorang penulis esai Yunani, Plutarch menulis tentang Cleopatra sekitar 1 abad setelah kematiannya pda th 30 SM.Dalam bukunya LIFE OF ANTHONY, ia menggambarkan Cleopatra sebagai "benar- benar tak bercacat atau bahkan luar biasa" dan menulis bahwa "kecantikannya tiada duanya". Jika anda mengikuti keyakinan Frank Zappa bahwa ;"Otak anda adalah organ sex anda", Cleopatra itu cantik.Bayangkan,Ia dapat berbicara 9 bahasa, memiliki otak yg tajam, & memiliki karisma yg kuat, ia berpendidikan tinggi, memiliki keagungan luar biasa sejak dini, & memiliki daya tarik serta berjiwa pemimpin.Plutarch menulis : "...percakapannya menawan luar biasa..." ,"...perbincangannya menggoda..karakternya, yg merasuk dalam tindakannya..begitu mempesona tak terkatakan.Bunyi dari suaranya manis". "Ia begitu menarik". Tulis Plutarch. " plato mengakui 4 jenis pujian, namun Cleopatra punya ribuan", kebikjasanaan & kecerdasannya dipuji dalam kepustakaan Arab & Koptik. Dalam buku yg saya baca tersebut tertulis Cleopatra`s characters; * Gulungan Venus (leher gemuk) * Hidung bengkok * Telinganya panjang * Dagu mencuat * Pendek (tinggi 1,5m) Nilai peringkat Uglee :8,5 dari 10. Dari buku tersebut saya sadar bahwa Cleopatra memang cantik luar biasa inner beauty nya.Tapi banyak orang yg salah anggapan bahwa Cleopatra adalah sosok wanita yg sangat rupawan secara fisik saja.
solehsang
Minggu, 2 Oktober 2011 | 05:24 WIB
kalo dia masih ada saya siap menjadi pendampingnya walau cuma malam-malam saja......
sekar
Rabu, 7 September 2011 | 18:07 WIB
wajar kalau cleopatra menikahi adiknya sendiri, kan emank adatnya kerajaan mesir nikah sama saudara sendiri untuk menjaga kemurnian darah
Donny
Rabu, 31 Agustus 2011 | 00:34 WIB
Kisah cleopatra adalah kisah perzinahan dan percabulan kotor bukan kisah percintaan , karena dia menikahi adiknya sendiri lalu selingkuh dengan Julius Caesar dan selingkuh sampai menikah dengan Anthoni. Semoga kita tidak adopsi sisi negatifnya.
key
Senin, 8 Agustus 2011 | 16:34 WIB
suaminya cleopatra yg pertama itu adiknya sendiri, Ptolemy XIII. sedangkan istrinya mark antony namanya octavia minor
Rahmad Badawi Siregar
Jumat, 5 Agustus 2011 | 09:16 WIB
suami cleopatra yang petama siapa?/ istri mark antony yang perama siapa? tolong ya di jawab biar say tidak penasaran
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER