Minggu, 21 Desember 2014 | 16:14 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Terpecahkan, Misteri Pengalaman Mati Suri
Headline
IST
Oleh:
Teknologi - Selasa, 1 Juni 2010 | 00:52 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta Ada yang mengatakan saat mati suri mereka mengambang di atas tubuh mereka sendiri. Sedangkan yang lain berjalan di terowongan cahaya atau diliputi rasa damai.

Namun ilmuwan menyimpulkan pengalaman menjelang hampir mati mungkin hanya disebabkan oleh badai listrik di otak yang sekarat.

Sebuah studi tentang otak sakit kritis pada pria dan wanita mengungkapkan adanya semburan singkat aktivitas sebelum kematian.

Peneliti Lakhmir Chawla mengatakan "Kami berpikir bahwa pengalaman hampir mati bisa disebabkan oleh gelombang energi listrik saat otak kehabisan oksigen.

Saat aliran darah melambat dan tingkat oksigen habis, sel-sel otak memicu satu impuls listrik terakhir.

"Ini dimulai di salah satu bagian dari otak dan menyebar dan ini dapat memberikan sensasi."

Dr Chawla, dari Universitas George Washington, memantau aktivitas otak dari tujuh orang sakit untuk memastikan obat penghilang rasa sakit yang sedang diberikan bekerja.

Dalam setiap kasus, aktivitas otak dalam satu jam atau lebih sebelum kematian terpotong oleh dorongan singkat, yang berlangsung dari 30 detik sampai tiga menit.

Tingkat yang sama seperti yang terlihat pada orang sadar, meskipun tekanan darah sangat rendah dapat menghasilkan perasaan dan cahaya terang, kata peneliti.

Menulis dalam Jurnal Kedokteran Paliatif, ia berkata "Kami berspekulasi bahwa pada pasien yang berhasil kembali, mereka mungkin ingat gambar dan kenangan dipicu oleh riak itu.

"Kami menawarkan ini sebagai penjelasan di mana banyak pasien telah keluar dari tubuh ketika berhasil kembali dari pengalaman hampir mati."

Riset yang dirilis bulan lalu menyebut pengalaman mati diakibatkan turunnya level karbon dioksida di dalam darah dan mengubah keseimbangan kimia otak dan membodohi seperti 'melihat' sesuatu.

Sebuah studi sebelumnya menemukan bahwa hampir satu dari lima pasien serangan jantung yang selamat dilaporkan mengalami pengalaman hampir mati.

Pengalaman hampir mati itu termasuk ke luar dari tubuh, perasaan menyenangkan, melihat sebuah terowongan, lampu, kerabat meninggal atau hidup mereka 'berkedip di depan mata mereka'. [ito][[indosat]]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
8 Komentar
miko
Kamis, 22 Maret 2012 | 11:29 WIB
tau gak rasanya kalau sedang sekarat.. kayak orang mimpi indah... mungkin seperti sedang make narkoba... mungkin seprti itu padahal saya belum pernah sekalipun mengkonsumsi narkkoba.. tapi pengalaman hampir mati itu benar adanya.. hilang kesadaran dan mimpi yang indah sekaliiiii....
arco jilantio
Sabtu, 7 Januari 2012 | 06:50 WIB
5tahun yang lalu, aku terkena serangan jantung,aku seperti keluar dari tubuhku sendiri, dan aku melihat tubuhku tergeletak di tempat tidur,pd saat itu semua rasa sakitku hilang, tapi entah kenapa aku seperti tersedot kedalam tubuhku lagi, dan aku kembali merasakan sakit didadaku lagi, aku hidup lagi
chim anton
Jumat, 2 Desember 2011 | 18:32 WIB
Hampir sama dengan yg saya alami di awal tahun 2011, saya sempat mengalami mati suri hampir satu jam di sekolahan anak saya.sekeliling saya berwarna putih dan terang sekali, tidak nampak apapun, tapi tidak silau. perasaan gembira, damai dan bahagia yg teramat sangat. kemudian saya bisa melihat orang2 yg berusaha menyadarkan saya, tp timbul perasaan terganggu oleh mereka yg menolong saya.(ada perasaan kuat tidak mau sadar, karena harus kembali ke dunia fana) baru setelah ada yg membisikan ke telinga saya utk mengingat anak istri saya (anak saya menangis meraung raung disamping saya, tp tak terdengar saya), mulai timbul perasaan takut meninggalkan mereka dan berharap bisa diselamatkan / disadarkan warga. saya mulai berusaha utk mendengar arahan dari warga yg berbisik ditelinga saya (hanya yg berbisik ditelinga yg bisa saya dengar, teriakan atau ribut apapun saya tak bisa dengar). saya mengikuti arahan warga (belakangan saya tahu dia suhu kung fu & spritual)utk melawan keinginan utk tidur dan pasrah. sekujur badan saya berdarah karna ditusuk dgn tusuk gigi(seperti akupuntur darurat), tp saya tak merasa sama sekali. dgn tekad yg kuat dan bayang2 wajah istri dan anak2, saya berusaha keras utk membuka mata. semangat saya semakin bertambah, setelah bayangan putih terang berubah menjadi hijau terang dan berangsur mulai tampak bayangan warga yg menyemut dan mulai terasa sakit setiap kali tubuh saya di tancapkan tusuk gigi. akhirnya saya bisa membuka mata dan berteriak kesakitan sewaktu ditusuk. menjelang malam saya suka merenung, hampir semua agama sama, kalau menjelang ajal, dibisikan doa di telinga. bisikan itulah yg menyadarkan dia bahwa dia sudah diambang maut dan meningatkannya utk mempersiapkan diri diperjalanan menuju alam baka menurut agama yg dianutnya. karena hanya bisikan ditelinga yg bisa didengar orang mati.
HATOPAN
Selasa, 10 Mei 2011 | 16:42 WIB
saya sudah mengalami menembus pintu rumah, pada saat saya terserang imsomnia, waktu itu pada saat saya di ranjang bekisar pukul 9 malam saya mau tidur, tetapi saya blum mau tdur, setelah pukul 12 saya mulai mengantuk dan saat itu jga saya bangun dari tempat tidur dan menembus pintu rumah dan saya lihat di sekeliling rumah saya sangat sepi, gak tau setelah itu saya sadar kalau saya sedang tidur dan seperti ada magnet yang menarik saya, sehingga saya terjaga dari tidur.
HATOPAN
Selasa, 10 Mei 2011 | 16:40 WIB
ORANG GOBLOK SEMUANYA
yudhiantara
Selasa, 8 Februari 2011 | 22:44 WIB
mungkin bisa disbut juga in trance kali ya...
anonim
Minggu, 6 Februari 2011 | 13:48 WIB
mungkin yg saudara indawansyah alami adalah pengalaman lucid dream
indawansyah
Senin, 20 Desember 2010 | 23:33 WIB
saya sudah mengalami menembus pintu rumah, pada saat saya terserang imsomnia, waktu itu pada saat saya di ranjang bekisar pukul 9 malam saya mau tidur, tetapi saya blum mau tdur, setelah pukul 12 saya mulai mengantuk dan saat itu jga saya bangun dari tempat tidur dan menembus pintu rumah dan saya lihat di sekeliling rumah saya sangat sepi, gak tau setelah itu saya sadar kalau saya sedang tidur dan seperti ada magnet yang menarik saya, sehingga saya terjaga dari tidur.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER