Senin, 21 April 2014 | 16:35 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Senjata Teror Rahasia Perang Somme Ditemukan
Headline
telegraph.co.uk
Oleh: Ellyzar Zachra PB
Teknologi - Rabu, 12 Mei 2010 | 06:22 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta-Senjata teror yang mampu memuntahkan api dengan hingga 300 kaki (91M) dan menyebarkan ketakutan pada tentara Jerman saat perang Somme 1916 berhasil ditemukan.

Penggunaan senjata itu di awal perang Somme memberikan dampak yang begitu besar dan tidak pernah dilihat sebelumnya di pertempuran lain.

Pertempuran Somme merupakan pertempuran terbesar antara Anglo-Prancis serta Jerman yang berlangsung pada 1 Juli hingga 18 November 1916 saat Perang Dunia I.

Penghancuran dengan pelempar api itu begitu efektif membantu Inggris mendapatkan penyerahan diri Jerman, dengan sedikit kerugian.

Menggunakan pipa yang kecil dan tersembunyi dari permukaan, senjata teror ini memuntahkan api dengan jarak sekitar 300 kaki. Sebagai pipa yang berputar, alat tersebut telah merusak garis depan Jerman.

Empat dari senjata rahasia utama yang berdampak luas itu terpasang di terowongan dangkal bawah lumpur di lahan tak bertuan di peperangan Somme 1 Juli 1916.

Dua dari benda ini telah dihancurkan oleh Jerman dan tidak dapat dioperasikan. Dua yang lainnya dikerahkan pada serangan pagi dan membantu Inggris di area tersebut dalam mewujudkan penyerahan diri Jerman.

Tim sejarah dan arkeolog percaya bahwa mereka berhasil menemukan sisa-sisa mesin yang masih terkubur di bawah lumpur wilayah sisi utara Prancis ityu.

Minggu ini mereka tampaknya akan mulai melakukan penggalian perangkat ini dengan harapan dapat memindahkan dan melestarikan benda tersebut.

Peter Barton, seorang ahli sejarah sekaligus penulis yang ikut andil mengatakan, Ide ini datang dari perlawanan musuh dengan mengggunakan ketakutan. Senjata, ini bukan menghancurkan massa tapi menciptakan ketakutan secara luas, alami dan sederhana.

Mereka ingin menakut-nakuti pihak Jerman. Ini tidak membunuh banyak orang. Ide ini hanya membuat mereka begitu takut dengan hal yang begitu mengerikan. Efek dari api ini benar-benar luar biasa.Pihak Inggris berhasil menangkap garis depan Jerman dengan sedikit kerugian,

Dikembangkan di pabrik di Lincoln, alat ini disebut dengan Livens Large Gallery Flame Projectors berdasarkan penemunya William Howard Livens yang merupakan perwira di Royal Engineers.[ito][[indosat]]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER