Selasa, 2 September 2014 | 23:43 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kijang Innova Kini Semakin Irit
Headline
istimewa
Oleh: Tom Mosley
Teknologi - Rabu, 27 Agustus 2008 | 12:07 WIB
INILAH.COM, Jakarta - Wajah Kijang Innova baru sudah muncul di berbagai situs internet dan beberapa koran terbitan ibukota setelah produk minor changes ini diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) di Jakarta, Selasa (23/8).

Sekilas, tampilannya memang tak banyak yang berubah. Tapi dilihat dari depan dengan gril radiator baru, banyak yang bilang Kijang Innova sekarang mirip Avanza.

Terlepas dari perubahan itu semua, pernyataan Presiden Direktur PT. TAM, Johnny Darmawan penting untuk disimak colon pembeli Kijang Innova baru. Saat menjelaskan kehadiran New Kijang Innova, Johnny sekaligus menampik rumor yang mengklaim konsumsi bahan bakar Innova boros. Menurutnya, dengan mesin VVT-i atau Variable Timing Intelligent Kijang Innova mampu menghasilkan proses pembakaran relatif lebih efisien dan emisi gas buang lebih rendah.

"Rumor tentang konsumsi BBM Innova boros ditanggapi Toyota dengan melakukan berbagai perbaikan dan pengetesan Kijang Innova dengan menempuh perjalan ribuan kilometer. Hasilnya, Kijang Innova kini lebih irit dibanding mesin 1.800 cc," yakin Johnny kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Secara spesifik Johnny menyebutkan, kalau dalam kondisi lalu lintas macet parah seperti di Jakarta, jangan kemudian langsung mengklaim Kijang Innova itu boros. Menurutnya, mobil apa saja, kalau kondisi lalu lintasnya seperti di Jakarta, tetap saja boros. Jadi yakinlah, tambah Johnny, Kijang Innova sekarang, apalagi keluaran terbaru jauh lebih irit dibanding pendahulunya. "Nggak mungkin dong kalau Innova itu boros, ada yang mau beli. Terbukti, Kijang Innova masih memimpin di kelasnya dengan pangsa pasar di atas 60%," katanya.

TAM juga tambahnya telah mensurvei para pemakai Kijang Innova di daerah Jawa Timur serta Jawa Barat. Mereka mengaku puas dengan konsumsi BBM-nya yang terbukti lebih irit," tegas Johnny.

Dari rata-rata pemakaian konsumsi BBM-nya, per liternya bisa mencapai jarak antara 8-10 km/jam. "Hasil itu bisa lebih lho, tergantung pemakaian dan kondisi jalannya. Jadi isu Kijang Innova boros itu merupakan black campaign," terangnya.

New Kijang Innova hadir dalam dua pilihan mesin, bensin dan diesel. Sedangkan untuk varian bensin, tersedia tipe V, G dan E. Khusus varian mesin bensin dengan tipe V dan G, dilengkapi jok model captain seat.

Pilihan warnanya antara lain Super White, Silver Metallic, Grey Mica Metallic, Black Mica, serta tiga pilihan warna baru masing-masing Grayish Brown Metallic, Light Bule Metallic dan Blue Metallic.

Beberapa perubahan dilakukan TAM pada New Kijang Innova ini. Pada sisi eksterior, bumper depan dan grille misalnya, mengalami desain ulang. Perubahan juga dilakukan pada bumper belakang dan cluster lampu belakang yang mengaplikasi model combination lamp. Dari sisi eksterior, jok juga menggunakan pattern yang baru. Sedangkan Innova transmisi manual, mengaplikasi higher transmission console.

Perubahan bentuk bemper depan dan gril radiator sebenarnya tidak mencolok. Gril misalnya, masih tetap menggunakan garis-garis harisontal. Sedangkan untuk bemper, ukurannya sedikit lebih besar dan juga ada perubahan.

Di belakang, meski bentuk lampu tidak berubah, namun lampu mundur kini dibuat menyatu. Versi lama, lampu mundur ini terdiri dari dua bagian. Pada bumper, pada bagian bawah dibuat coakan dan ditambahi dengan lampu di kanan dan kiri.

Tipe E
Versi standar dengan harga paling rendah dibandingkan Innova lainnya. Bumper depan tidak dilengkapi lampu kabut, grilnya sewarna dengan bodi, spion hitam, handel pintu hiitam. Interior dua warna dengan setir tiga jari-jari. Ban yang digunakan: 195/70R-14.

Tipe G
Varian menengah dengan penampilan hampir mirip dengan tipe V. Grilnya dilapisi krom plus bumper depan yang dilengkapi dengan lampu kabut. Kaca spion dan handel pintu sewarna dengan bodi. Desain interiornya sama dengan tipe E. Tipe ini dilengkapi dengan captain seat, audio 2 DIN yang dapat memainkan MP3 dan WMA, parking sensor dan pelek alooy khusus.

Tipe V
Versi paling keren dan lengkap. Gril, kaca spion, dan handel dilapisi dengan krom. Interiornya juga lebih mewah. Paling menonjol tentu saja jok dan setir. Pada tipe G, setir dilengkapi dengan tombol audio. Juga ada wood panel melapisi bagian tengah dashboard dan sandaran tangan pada keempat pintu sampping.

Perlengkapan standar lainnya adalah dual airbag, audio 2 DIN yang dapat memainkan MP3 dan WMA, CD changer dengan kapasitas 6 keping CD. Perbedaan lain tipe V dibandingkan dua varian lain adalah tombol AC yang menggunakan model pencet.

Selain perlengkapan di atas, Innova tipe V juga dilengkapi dengan ABS (anti-lock brake system). Untuk ban, menggunaan ukuran 205/65R-15 , sama dengan tipe G.

TAM berencana memproduksi New Kijang Innova antara 5-7 ribu unit per-bulan dan akan mengekspor baik secara CKD ataupun CBU ke 7 negara. Di antaranya Malaysia, Afrika Selatan dan bahkan Brazil sebagai pasar baru untuk Astra. Harga New Kijang Innova lebih mahal sekitar Rp 4 juta dari model sebelumnya.
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER