Minggu, 26 Oktober 2014 | 03:36 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Air Terjun Darah Muncul di Antartika
Headline
istimewa
Oleh: Syamsudin Prasetyo
Teknologi - Sabtu, 10 April 2010 | 07:35 WIB
INILAH.COM, Jakarta Air terjun berwarna merah darah mengalir sangat lambat di gletser Taylor di Antartika di McMurdo Dry Valleys. Geolog pertama menemukan air terjun membeku itu pada 1911.
Ilmuwan berpikir warna merah tersebut berasal dari alga, tetapi ternyata hal tersebut merupakan kejadian alamiah yang membuatnya semakin spektakuler.
Hampir selama 2 ribu tahun lamanya, gletser Taylor tertutup di bawah sejumlah kecil air yang mengandung komunitas mikroba kuno. Terperangkap di bawah lapisan tebal es, mereka berada di sana sejak itu, terisolasi di dalam kapsul waktu alami. Retakan yang ada di gletser menyebabkan subgletser danau mengalir keluar, membentuk aliran tanpa mengkontaminasi ekosistem yang ada di sekitarnya.
Berevolusi independen di dalam dunia terasing, mikroba tersebut hidup di dalam dunia dengan tanpa cahaya atau oksigen dan panas yang amat minim. Peristiwa tersebut disebut sebagai aliran lambat primordial. Danau yang terperangkap tersebut memiliki tingkat salinitas tinggi dan kaya zat besi, yang memberikan warna merah pada air terjun tersebut.
Keberadaan ekosistem aliran darah menunjukkan bahwa kehidupan sangat mungkin meskipun dalam kondisi bumi yang paling ekstrim sekalipun.
Berkat kehidupan yang tidak pernah terlihat mata secara langsung, fenomena aliran darah di lautan Antartika tersebut menjadi luar biasa baik secara visual maupun ilmiah.[ito][[indosat]]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
4 Komentar
topo
Minggu, 5 Desember 2010 | 18:47 WIB
Maha besar Allah dengan segala kebesaannya..
bethmooragreen
Jumat, 17 September 2010 | 13:00 WIB
bantu do'a ajach byar keanehan2 y muncul akhir2 ini terungkap semuanya,byar kita tw sbenrnya apa mksud tuhan dg smua i2.........bantu yach......!!!!!!!
joe
Selasa, 24 Agustus 2010 | 00:44 WIB
maha besar allah,ini lah kebesaran allah...utk menunjukan kepada umat nya agar bisa sadar...karna dunia ini bakal ada terjadi sesuatu yg menurut kta muskhil,semoga dgn ke jadian ini...kta mau merenungi akan ke besaran allah sw.dan ini sebagai bukti...akan kebesaran nya
ajiajiaji
Minggu, 22 Agustus 2010 | 16:19 WIB
masya Alloh, Subhanalloh, Allohu Akbar
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER