Senin, 22 Desember 2014 | 03:46 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Qiblalocator.com Cara Mudah Tentukan Arah Kiblat
Headline
istimewa
Oleh:
Teknologi - Minggu, 21 Maret 2010 | 11:01 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Gempa Chile tidak menyebabkan arah kiblat berubah. Posisi matahari cukup akurat untuk menentukan arah kiblat. Cara lebih mudah adalah menggunakan Qiblalocator.com.

Pakar astronomi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Prof Dr Thomas Djamaluddin mengatakan banyak masjid yang arah kiblatnya kurang tepat, namun bukan karena adanya perubahan arah kiblat, tetapi karena penentuan awal sebelum pembangunannya yang tidak akurat.

Banyak masjid dibangun dengan arah kiblat yang sekadar mengikuti arah barat lalu diserongkan sedikit ke kanan atau sekadar mendasarkan diri pada arah kiblat masjid terdekat yang belum tentu benar, ujarnya.

"Jadi yang tidak benar metode pengukurannya, bukan alat ukurnya," katanya.

Menurut dia, hanya dengan bantuan posisi matahari saja cukup akurat menentukan arah kiblat jika dipandu oleh orang yang terlatih ilmu falak.

Selain itu juga peranti lunak Qibla Locator yang termuat dalam situs web http://www.qiblalocator.com juga mudah digunakan.[*/ito]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER