Rabu, 24 September 2014 | 01:20 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Mobil Rakitan Indonesia Semakin Diakui
Headline
istimewa
Oleh: Augusta B. Sirait
Teknologi - Selasa, 2 Maret 2010 | 14:00 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Mobil rakitan (CKD) Indonesia kini mulai diakui kualitasnya, terbukti dalam waktu kurang dari enam bulan, Honda dan Hyundai merambah pasar ekspor ke beberapa negara Asia Tenggara. Inikah sinyal bergairahnya industri otomotif Indonesia?

"Bulan lalu Honda Malaysia sudah berbicara dengan kami dan melihat proses produksi di pabrik. Mereka sangat puas dengan kualitas produksi di Indonesia," ujar Marketing and After Sales Service Director PT HPM Jonfis Fandy (JF), Selasa (3/3), kepada INILAH.COM.

Ia menambahkan bahwa pihaknya belum tahu berapa jumlah Honda Freed yang diminta Honda Malaysia. "Kami belum tahu berapa unit yang diminta oleh mereka. Tapi yang jelas tidak lebih besar dari Thailand yang meminta 1.000 unit, yang jelas kurang dari 500 unit per bulannya," ujar JF.

Tak hanya Thailand, PT HPM juga telah memasok Honda Freed Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Di dua negara itu, Singapura dan Brunei, HPM telah mengirim 60 unit Honda Freed.

Sementara itu, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) memperkenalkan H1 versi rakitan lokal (CKD) Indonesia, pertengahan bulan lalu, di Jakarta. Selain memenuhi permintaan dalam negri, H1 CKD Indonesia ini juga akan diekspor ke Thailand pertengahan tahun ini.

"Dengan adanya H1 CKD Indonesia ini kami optimis dapat memenuhi permintaan di kawasan Asia Tenggara. Kami juga yakin dengan kualitas rakitan lokal maka kami menawarkan dengan garansi lima tahun atau 150.000 km dengan syarat mana yang lebih dahulu," ujar Presiden Direktur PT HMI Jongkie D. Sugiarto.

Sesuai dengan amanat prinsipal one model one country, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) menggelontorkan dana total Rp 50 milyar untuk memproduksi Hyundai H1 demi memenuhi pasar domestik dan Asia Tenggara.

Ia menambahkan bahwa dengan dimulainya produksi lokal H1, PT HMI menambah tenaga kerjanya 10% dari total pekerja pabrik 400-an orang pekerja. Hyundai H1 CKD Indonesia terdiri dari dua varian mesin, yaitu 2.4L versi bensin dan 2.5L Common Rail Direct injection (CRDi). Untuk varian bensin terdiri dari dua tipe, yaitu Elegance dan XG.

Jongkie juga mengatakan bahwa H1 CKD Indonesia akan diekspor ke Thailand pada pertengahan tahun secara bertahap. "Kami akan ekspor ke Thailand mulai Juli mendatang sekitar 100-150 unit per bulan. Mereka minta versi diesel dan kami mungkin bisa ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Malaysia," ujarnya.

Hyundai H1 CKD Indonesia terdiri dari dua varian mesin, yaitu 2.4L versi bensin dan 2.5L Common Rail Direct injection (CRDi). Untuk varian bensin terdiri dari dua tipe, yaitu Elegance dan XG.

Perbedaan dengan H1 versi impor utuh dari Korea Selatan (Korsel) sebelumnya adalah H1 CKD Indonesia memiliki single tone color, desain velg yang baru, roof mounted LCD (tipe XG saja), GPS (XG), wood grain panel (XG), xenon headlight (XG), rear spoiler with rear view camera (XG), dan new double din head unit.

H1 CKD Indonesia juga berbeda dengan versi CBU karena memiliki garansi lima tahun sebagai jaminan kualitas rakitan lokal. Jika H1 versi CBU dibandrol Rp 394,5 juta untuk tipe XG, maka untuk versi CKD Indonesia dilepas Rp 370 juta on the road Jakarta. Sementara itu, H1 varian Elegant kini Rp 350 juta on the road Jakarta. HMI menargetkan penjualan H1 CKD Indonesia sekitar 200 unit per bulan.

Pabrik perakitan mobil di Indonesia, bukan hanya milik Honda dan Hyundai, ada sejumlah pabrik lain, milik PT Astra, Daihatsu, Toyota yang juga sudah melakukan ekspor mobil ke sejumlah negara. Mantab! [Tom]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
1 Komentar
sony
Minggu, 18 Juli 2010 | 19:38 WIB
suzuki juga sudah berhasil merakit suzuki APV,dan berhasil mengekspor ke berbagai negara di asia tenggara,afrika,australia,selandia baru,amerika yaitu di puerto rico,meksiko,dan chili,serta negara timur tengah lain'a..
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER