Minggu, 23 November 2014 | 07:38 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Ini Dia Mobil-Mobil Baru yang Masuk Indonesia di 2010
Headline
istimewa
Oleh:
Teknologi - Jumat, 1 Januari 2010 | 13:25 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) hari-hari ke depan akan sibuk dengan persiapan launching sejumlah produk baru di Indonesia. Mobil apa saja yang akan berseliweran di ibukota pada 2010 ini.

PT General Motor Autoworld Indonesia (GMAI), ATPM Chevrolet (Chevy), salah satu diantaranya yang akan merilis dua model terbarunya (Januari 2010), yaitu sedan Chevy Cruze dan generasi terbaru Chevy Spark.

Chevrolet Cruze yang telah lebih dulu beredar di Amerika dan Eropa dibekali mesin 16-valve, 1.6-liter and 1.8-liter, dan ada juga pilihan mesin 2.0-liter turbo diesel. Tapi GMAI tampaknya akan memasukkan versi 1.6 liter karena alasan pajak.

Cruze bermesin 1.6 liter, mampu menyemburkan tenaga sebesar 112 hp/82 kW. Mobil ini sudah menggunakan teknologi Variable Valve Timing (VVT), teknologi yang sama dengan yang ada di Toyota Corolla Altis. Mobil yang masuk nominasi terbaik dunia 2010 ini diperkirakan akan dibandrol Rp 300 jutaan. Sementara itu, Spark berkapasitas mesin 1.200cc ini siap menjadi penantang model-model mapan, seperti Hyundai i10 dan Daihatsu Sirion sekalipun.

Tak mau kalah dengan Chevrolet, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), atpm Suzuki, bersiap menghadirkan Suzuki Alto untuk head to head dengan Spark. Alto yang menyandang mesin berkapasitas 1.000cc, baru-baru ini dites di Selandia baru diklaim hanya membutuhkan bensin dua liter setiap jarak 100 km.

Alto merupakan mobil buatan Maruti Suzuki India. Mobil kecil ini juga ikut dijual Nissan dengan nama Pixo. Di beberapa negara Alto menyandang predikat nama Celerio. Sementara di India menggunakan nama Maruti Suzuki A-Star.

Ford Fiesta juga akan meramaikan segmen hatchback di tanah air tahun depan. Peluncuran di Indonesia pada tahun 2010 nanti akan menorehkan kembali cerita kesuksesan Ford Fiesta secara global, dan menegaskan kepemimpinan Ford sebagai produsen dan designer mobil kecil, ujar Presiden Direktur Ford Motor Indonesia Will Angove.

Ford Fiesta yang diproduksi di AutoAlliance Thailand ini, dikembangkan oleh Ford dengan menggunakan pengalamannya yang intensif dalam perakitan mobil kecil. Bocorannya, mobil ini memiliki harga yang kompetitif dibandingkan Honda Jazz.

Sementara Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, sepertinya masih merasiakan kehadiran senjata baru mereka di 2010 ini.

Tapi sumber di Daihatsu menyebutkan, produsen di bawah bendera Astra Group ini akan menghadirkan Boon Luminas, MPV dengan tujuh penumpang yang pernah diboyong di gelaran Indonesia International Motor Show 2009 lalu.

Tes pasar yang dilakukan Daihatsu di IIMS ternyata sukses, konsumen sangat menyukai mobil yang bakal menggantikan posisi Daihatsu Xenia ini.

Belum ada pernyataan yang menyebutkan kapan Boon Luminas akan dipasarka di Indonesia. Jadi kalau anda penasaran, tunggu saja.

Bisa dibayangkan seperti apa persaingan mobil-mobil baru pada 2010 mendatang, yang diprediksi akan mengalami peningkatan yang cukup tajam dibanding 2009. [Tom]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER