Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 08:17 WIB
 

10 Motor Bekas Paling Laku di 2017

Oleh : - | Sabtu, 30 Desember 2017 | 07:07 WIB
10 Motor Bekas Paling Laku di 2017
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Berdasarkan data yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor sepanjang Januari-November 2017 mengalami sedikit penurunan ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya.

Tercatat secara kumulatif, distribusi penjualan tahun ini turun tipis sebesar 0,42 persen dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun 2016 yakni sebanyak 5,49 juta unit.

Dari data tersebut terungkap bahwa untuk segmen motor baru, model seperti Honda BeAT, Honda Scoopy, Honda Vario, dan Yamaha NMax menjadi motor paling laris di pasaran.

Hal tersebut justru berbeda dengan hasil jualan dari para pelaku industri motor bekas. Data yang diolah tim Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Carmudi.co.id mencatatkan ada beberapa merek yang menjadi favorit di segmen motor second ini.

Di urutan pertama ada Honda Vario Techno Fi produksi tahun 2016. Dalam data Litbang Carmudi tercatat model ini menguasai pangsa pasar motor bekas di Indonesia sebesar 17 persen pada tahun 2017.

Diikuti dengan Yamaha Mio Z (2016), Honda Supra X 125 Fi (2016), dan Honda BeAT Fi (2016) menempati posisi keempat dalam jajaran motor favorit di segmen motor bekas.

"Pangsa pasar motor bekas memiliki karakteristik yang berbeda dengan mobil bekas. Biasanya tren penjualannya berbeda dengan motor baru, baik model maupun mereknya. Bisa saja jika di penjualan motor baru merek Honda menguasai, di segmen motor bekas justru merek lain yang dominan," jelas imash Stefano Kirihettighe, Managing Director Carmudi.co.id, dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

Sementara itu menurut salah satu pedagang motor bekas di kawasan Jakarta Timur, memang untuk merek motor bekas Honda Vario, BeAT dan Scoopy dari tahun muda sampai tahun tua masih banyak peminatnya.

"Pembelian motor bekas tahun ini biasa saja, tak ada kenaikan atau penurunan signifikan masih stabil-stabil saja. Tapi akhir tahun ini agak turun ya mungkin faktor orang mau liburan panjang tahun baru, ada juga yang mau beli motor nunggu tahun depan dengan harapan harga motor bekas turun," kata Muhammad Mumu, pemilik diler motor bekas Gapura Motor.

Komentar

Embed Widget

x