Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Januari 2018 | 07:03 WIB
 

Google Akan Alirkan Internet Cepat dengan Laser

Oleh : - | Kamis, 21 Desember 2017 | 16:16 WIB
Google Akan Alirkan Internet Cepat dengan Laser
(ilustrasi)

INILAHCOM, New Delhi - Perusahaan induk Google, Alphabet Inc, menjalin kesepakatan dengan Pemerintah India untuk mempercepat jaringan internet tanpa menggunakan kabel fiber optik.

Mengutip BGR, Alphabet akan mengganti kabel fiber optik dengan teknologi optik laser untuk meningkatkan kecepatan internet, menggunakan sistem koneksi point-to-point (PTP).

Proyek ini ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan akses internet cepat ke jutaan penduduk India di negara bagian Andhra Pradesh.

Rencananya, tim eksperimen Google X akan memulai proyek ini pada 2018 dengan memasang 2.000 kotak optik laser yang dipasang dengan jarak tiap 20 kilometer.

Kotak-kotak optik laser yang saling terhubung itu akan menjadi backbone untuk menyalurkan koneksi WiFi. Backbone merupakan saluran atau koneksi dengan kecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan sehingga penduduk bisa mengakses internet lebih cepat menggunakan smartphone sederhana.

Google X mengklaim akan menggunakan teknologi laser optik yang mampu mentransmisikan data melalui cahaya dengan kecepatan 20 Gbps. Capaian ini diklaim melampaui kecepatan maksimal yang dihantarkan dengan gelombang radio tradisional.

"Bandwidth yang tersedia cukup bagi ribuan orang untuk melakukan browsing secara bersamaan melalui menara BTS yang sama," jelas pihak Google X.

Proyek ini merupakan proyek 'sempalan' atau spinoff dari proyek Alphabet sebelumnya, yaitu Project Loon yang berupaya memberikan akses internet di wilayah terpencil dengan menggunakan balon udara.

Komentar

 
Embed Widget

x