Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 26 April 2018 | 09:09 WIB
 

Google Blokir Situs Berita dengan Identitas Palsu

Oleh : - | Selasa, 19 Desember 2017 | 14:30 WIB
Google Blokir Situs Berita dengan Identitas Palsu
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - Terus memerangi berita palsu, Google kini tidak akan menampilkan situs berita yang bohong tentang negara asalnya.

Raksasa pencarian internet itu baru saja memperbarui peraturan di Google News, yakni dengan melarang situs-situs yang 'menutupi atau memberikan informasi menyesatkan tentang negara asalnya' atau situs yang ditujukan untuk orang-orang di negara lain 'dengan penjelasan yang menyesatkan'.

Dengan kata lain, situs asal Rusia yang berpura-pura tampil sebagai media AS tidak akan tampil di hasil pencarian warga AS.

Kepada Bloomberg, juru bicara Google menjelaskan langkah yang mereka ambil ini merupakan cara mereka beradaptasi. Menurut sang juru bicara, Google harus memperbarui peraturan mereka sebagai 'refleksi dari internet yang terus berubah'.

Hal tersebut berarti, orang-orang 'bisa tahu dan mengerti dari mana asal berita yang mereka lihat di internet'.

Bukan rahasia lagi jika Google sangat peduli akan penyebaran berita salah yang dilakukan oleh situs-situs media palsu. Raksasa internet asal AS itu mendapatkan tekanan baik dari para regulator dan juga masyarakat untuk mencoba lebih keras mencegah tersebarnya berita palsu setelah diketahui Rusia mencoba untuk memengaruhi pemilu presiden AS 2016 lalu.

Google juga diminta untuk menghapuskan situs-situs yang menampilkan berita palsu dan tidak hanya menghapus konten yang mereka buat. Hal itu dianggap akan sangat membantu dalam memerangi hoax, demikian laporan Engadget.

Komentar

 
Embed Widget

x