Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 16:39 WIB

Studi: Bawang Putih Ampuh Lawan Infeksi Bakteri

Oleh : - | Senin, 4 Desember 2017 | 06:06 WIB
Studi: Bawang Putih Ampuh Lawan Infeksi Bakteri
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Kopenhagen - Di balik aromanya yang menyengat, bawang putih ternyata mengandung senyawa esensial yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Para ilmuwan menemukan bahwa kandungan senyawa sulfur aktif di dalam bawang putih dapat ampuh melawan bakteri pada pasien dengan infeksi kronis.

Pada studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Report, para ilmuwan mengaku telah menemukan bahwa Ajoene, senyawa sulfur aktif yang terkandung dalam bawang putih, dapat membantu melawan infeksi bakteri secara efektif.

Menurut tim periset yang berasal dari University of Copenhagen, Denmark, senyawa Ajoene ini dapat menghancurkan komponen penting dalam sistem komunikasi bakteri Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa.

"Temuan ini bisa mengantarkan kita pada metode pengobatan pasien yang memiliki prospek buruk, karena infeksi kronis seperti fibrosis kistik bisa sangat kuat," ujar penulis utama studi, Dr. Tim Holm Jakobsen, seperti dilansir National Geographic.

Selama penelitian, para peneliti juga menemukan bahwa Ajoene membantu menghambat molekul RNA regulator kecil (sRNA) pada dua jenis bakteri tersebut.

"Senyawa dalam bawang putih ini dapat melawan keduanya sekaligus dan mungkin terbukti sebagai obat yang efektif ketika digunakan bersama dengan antibiotik," tambahnya.

Selain menghambat molekul RNA bakteri, senyawa Ajoene juga merusak matriks pelindung berlendir yang mengelilingi bakteri, atau disebut biofilm.

Bila biofilm dihancurkan atau dilemahkan, antibiotik dan sistem kekebalan tubuh alami dapat menyerang bakteri secara langsung dan dengan demikian menghilangkan infeksi.

Saat ini, perusahaan Neem Biotech telah membeli lisensi penggunaan senyawa Ajoene sebagai penangkal infeksi bakteri. Produknya bernama NX-AS-401 yang bertujuan mengobati pasien fibrosis kistik. Obat ini juga akan segera di uji klinis pada pasien.

Jika nanti uji klinis menunjukkan hasil positif, berarti obat tersebut dapat dipasarkan sebagai obat antimikroba pertama dengan mode penanganan baru yang dikembangkan oleh tim peneliti.

Selain dapat melawan infeksi, bawang putih juga memiliki berbagai khasiat lain. Kandungan antioksidannya dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Sementara senyawa alisin pada bawang putih juga berfungsi sebagai pengencer darah alami dan membantu mengatur tekanan darah. Senyawa alisin juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mencegah diabetes jika bawang putih dikonsumsi mentah-mentah.

Komentar

 
Embed Widget

x