Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Januari 2018 | 01:54 WIB
 

Tambah Frekuensi TDD 2,3GHz

Telkomsel Janjikan Kecepatan 4G di Atas 112Mbps

Oleh : Ibnu Naufal | Rabu, 29 November 2017 | 06:06 WIB
Telkomsel Janjikan Kecepatan 4G di Atas 112Mbps
(Foto: Telkomsel)

INILAHCOM, Jakarta - Setelah secara resmi memenangkan lelang spektrum untuk frekuensi 2,3GHz pada akhir Oktober lalu, kini Telkomsel langsung mengebrak dengan memanfaatkan pita frekuensi selebar 30MHz di spektrum 2,3GHz.

Pemanfaatan frekuensi 2,3GHz oleh Telkomsel ini seiring kesuksesan Uji Laik Operasi (ULO). Telkomsel juga telah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Kominfo yang menyatakan memenuhi syarat operasi untuk penyelenggaraan telekomunikasi di frekuensi 2,3GHz.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan bahwa gerak cepat Telkomsel dilakukan agar pelanggan dapat merasakan pengalaman layanan digital lebih baik lagi.

"Ini akan mendukung layanan video jadi lebih cepat, smooth, nggak muter-muter lagi atau lebih lancar. Kita harapkan pengalaman digital kepada pelanggan jadi lebih bagus lagi," ujarnya di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Ia melanjutkan untuk bisa menikmati layanan LTE TDD 2,3 GHz, pelanggan tidak perlu mengganti kartu SIM selama handset yang digunakan sudah mendukung band frekuensi serta berada dalam jangkauan layanan LTE TDD 2,3 GHz.

"Saat ini, dari sekitar 50 juta handset LTE yang ada di jaringan Telkomsel, sekitar 85 persen di antaranya sudah bisa mendukung layanan ini, karena semakin besarnya bandwidth yang dipakai," ujar Ririek.

Lebih lanjut ia menuturkan, komposisi alokasi frekuensi yang dimiliki operator pelat merah ini adalah sebagai berikut. Frekuensi 2,3GHz dengan lebar pita 30MHz, frekuensi 2,1GHz dengan lebar pita 15 MHz.

Selanjutnya, frekuensi 1,8GHz dengan lebar pita 22,5MHz, frekuensi 900MHz dan 800MHz masing-masing dengan lebar pita 7,5MHz.

"Dengan tambahan spektrum ini, akan memungkinkan pelanggan kami menikmati layanan broadband serta layanan digital dengan kualitas dan kecepatan akses yang lebih baik," kata Ririek.

Kecepatannya sendiri diklaim 2,5 kali lipat lebih kencang dibandingkan lewat FDD yang selama ini digunakan.

Pengantar jaringan internet atau Peak throughput FDD bakal mencapai minimal 112 Mbps, dikatakan maka TDD secara teori bisa sampai 280 Mbps dengan penggabungan tiga frekuensi sekaligus, atau diistilahkan carrier aggregation (3CA).

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x