Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 02:46 WIB

SpaceX Tunda Peluncuran Misi Rahasia Zuma

Oleh : - | Sabtu, 18 November 2017 | 16:16 WIB
SpaceX Tunda Peluncuran Misi Rahasia Zuma
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Miami - SpaceX menunda peluncuran muatan rahasia pemerintah AS yang dikenal dengan nama Zuma, misi yang sifatnya misterius.

"Kami memutuskan untuk mundur dan melihat lebih dekat data dari pengujian fairing baru-baru ini untuk satu pelanggan lainnya," kata SpaceX dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Kamis malam waktu setempat, atau sekitar dua jam sebelum jendela peluncuran yang direncanakan dibuka.

Fairing adalah bagian ujung roket yang melindungi muatan.

"Meski kami mempertahankan kesempatan untuk besok, kami akan meluangkan waktu untuk melengkapi ulasan data dan kemudian mengonfirmasi tanggal peluncuran yang baru," kata pernyataan SpaceX yang dikutip AFP.

SpaceX dan Pentagon tidak merespons permintaan keterangan mengenai sifat misi tersebut.

Northrup Grumman, pembuat muatan itu, mengatakan bahwa muatan tersebut untuk pemerintah Amerika Serikat dan akan dikirim ke orbit rendah Bumi, tetapi tidak menyampaikan rincian lainnya.

SpaceX tidak asing bagi peluncuran keamanan nasional.

Awal tahun ini, perusahaan berbasis di California yang dipimpin oleh pengusaha miliarder Elon Musk tersebut meluncurkan sebuah satelit mata-mata untuk National Reconnaissance Office, dan pesawat ulang-alik X-37B untuk Angkatan Udara AS. [tar]

Komentar

 
Embed Widget

x