Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 02:20 WIB

Data IDC Kuartal ke-3 Tahun 2017

Samsung Masih Dominasi Pengiriman Smartphone

Oleh : - | Senin, 6 November 2017 | 13:13 WIB
Samsung Masih Dominasi Pengiriman Smartphone
(AP Photo)
facebook twitter

INILAHCOM, Framingham - Firma riset IDC merilis data jumlah pengiriman smartphone ke seluruh dunia di kuartal ke-3 tahun 2017. Samsung masih tetap memimpin dominasi pengiriman. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini meninggalkan Apple yang terlihat stagnan.

Berdasarkan data IDC, total pengiriman smartphone yang dilakukan oleh seluruh produsen di kuartal ke-3 tahun ini mencapai angka 373,1 juta unit. Terjadi peningkatan sebesar 2,7 persen dari periode yang sama tahun lalu yang tercatat 363,4 juta unit.

Samsung berada posisi pertama diikuti oleh Apple di posisi kedua dan secara berturut-turut di belakangnya ada Huawei, OPPO, dan Xiaomi yang melengkapi daftar lima besar.

Menariknya, di kuartal ke-3 tahun ini Samsung berhasil membuat jarak yang cukup jauh dengan Apple. Samsung berhasil mengirimkan sebanyak 83,3 juta unit serta menjadi penguasa pangsa pasar terbesar dengan market share 22,3 persen.

Angka ini meningkat dibanding kuartal yang sama di tahun lalu, yang hanya mengirimkan unit sebanyak 76,1 juta dengan pangsa pasar sebesar 20,9 persen.

Berbeda dengan Apple. Meskipun menduduki posisi kedua di total pengiriman perangkat, namun market share mereka tapi tidak menghasilkan peningkatan yang signifikan.

Data IDC menyebutkan bahwa di kuartal ke-3 tahun ini, Apple hanya mengirimkan unit sebanyak 46,7 juta dengan market share 12,5 persen. Tak berbeda jauh dibandingkan periode yang sama di tahun lalu yang hanya mengirimkan unit sebanyak 45,5 juta dengan market share sebesar 12,5 persen.

Sementara Huawei berhasil menduduki peringkat ketiga dengan jumlah pengiriman smartphone sebanyak 39,1 juta unit dengan market share 10,5 persen di kuartal ke-3 tahun ini.

Raihan tersebut merupakan peningkatan cukup memuaskan jika melihat angka di kuartal ke-3 tahun lalu, di mana produsen asal China ini hanya mampu mengirimkan unit sebanyak 33,3 juta dengan market share 9,3 persen.

Adapun OPPO yang juga merupakan produsen asal China, mampu mencatatkan peningkatan bisnis. Di kuartal ke-3 tahun ini, mereka berhasil mengirimkan unit sebanyak 30,7 juta dan mengambil market share sebesar 8,2 persen.

Angka tersebut mengalami peningkatan cukup baik dari kuartal yang sama di tahun lalu yang hanya berhasil mengirimkan 25,8 juta unit dengan pangsa pasar 3,7 persen.

Melengkapi daftar lima besar, Xiaomi mampu mencatatkan pengiriman 27,6 juta unit dan mengamankan market share sebesar 7,4 persen. Angka ini merupakan sebuah peningkatan yang paling signifikan ketimbang empat produsen smartphone lainnya di daftar lima besar.

Karena pada periode yang sama di tahun lalu, perusahaan teknologi yang juga berasal dari China ini cuma mampu mengirimkan 13,6 juta unit smartphone dengan penguasaan pangsa pasar hanya 3,7 persen. [ikh]

Komentar

 
x