Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 22:31 WIB

Misteri Warna Telur Burung Terpecahkan

Oleh : - | Senin, 30 Oktober 2017 | 14:30 WIB
Misteri Warna Telur Burung Terpecahkan
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Warna telur biru-hijau melindungi embrio burung dari sinar matahari yang berbahaya. Demikian hasil penelitian Dr David Lahti dari City University of New York dan Dr Daniel R. Ardia dari Franklin & Marshall College.

Mereka menguji hipotesis bahwa pigmentasi membantu telur menyeimbangkan antara dua efek yang berlawanan dan berpotensi merusak dari matahari. Transmisi cahaya membuat telur berwarna terang, dan pemanasan membuat telur berwarna gelap.

Mengutip Sci-news.com, penelitian dilakukan dengan menguji empat telur dengan lingkungan cahaya yang berbeda. Ada yang diberi cahaya radiasi ultraviolet, radiasi inframerah, meningkatkan intensitas cahaya, dan mengurangi intensitas cahaya.

Seperti yang diperkirakan, kulit telur semakin biru (gelap) ketika terlindung dari cahaya dan radiasi UV yang berbahaya. Tapi warna lebih intens juga menyebabkan telur untuk menyerap lebih banyak cahaya dan panas, yang dapat menjadi lebih berbahaya di lingkungan cerah.

Pola-pola ini, dikombinasikan dengan pengetahuan tentang perilaku bersarang dan habitat burung. Perilaku ini juga membantu prediksi mengapa warna telur dari beberapa burung di seluruh spesies berwarna dari biru menjadi putih.

Telur gelap diperkirakan karena berada dalam cahaya moderat untuk melindungi embrio. Tetapi dalam sarang cerah, telur berwarna lebih terang. Sedangkan kamuflase dari predator masih mungkin merupakan faktor yang paling penting yang mengatur evolusi warna telur kusam dan berbintik-bintik.

Komentar

 
Embed Widget

x