Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 22:23 WIB

Peringati Hari Sumpah Pemuda

Shopee Komitmen Bantu Lebih Banyak Pengusaha Muda

Oleh : - | Sabtu, 28 Oktober 2017 | 03:20 WIB
Shopee Komitmen Bantu Lebih Banyak Pengusaha Muda
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Platform e-commerce Shopee merayakan Hari Sumpah Pemuda dengan berkomitmen untuk membantu lebih banyak pengusaha muda dalam membangun bisnis online mereka.

Dengan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang begitu cepat, generasi muda memegang peranan penting untuk turut ambil bagian di dalamnya.

Di Shopee Indonesia, lebih dari 70 persen penjual berusia 30 tahun ke bawah. Tren ini menunjukkan kebutuhan untuk membina generasi penerus Indonesia, yang dapat menjadi agent of change dan kontributor utama untuk mencapai tujuan Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Nilai industri e-commerce di Indonesia diproyeksi mencapai US$130 miliar di tahun 2020.

"Kami sangat senang melihat tren positif di Indonesia dimana banyak anak muda menggunakan platform e-commerce untuk memulai bisnis mereka. Hingga saat ini, kami memiliki ribuan penjual muda yang tergabung dalam Komunitas Penjual Shopee; dengan persebaran jumlah penjual muda terbanyak ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang," kata Chris Feng, CEO Shopee, dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

Dia pun berharap dapat melihat lebih banyak lagi penjual muda dari seluruh Indonesia bergabung Shopee.

"Kami berkomitmen untuk membantu pengusaha lokal mengembangkan bisnis online mereka, dengan memberikan dukungan operasional, pengetahuan dan keahlian, serta finansial," imbuhnya.

Sejalan dengan komitmen untuk mendorong peran serta pemuda dalam menggerakkan ekonomi digital, Shopee mengadakan 'Bincang Penjual Muda Shopee' dengan mengundang pengusaha muda untuk membagikan kisah sukses mereka.

RM Ihsan, penjual berusia 21 tahun dari Palembang, menceritakan pengalamannya, "Shopee telah membantu saya untuk membangun bisnis online dan memperoleh penghasilan tambahan."

Dia berharap dapat berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi digital dengan melebarkan bisnis saya dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

"Semoga saya dapat menginspirasi lebih banyak anak muda untuk memulai bisnis mereka dan mendorong perkembangan e-commerce Indonesia," katanya.

Shopee memahami tantangan utama yang dihadapi para pengusaha lokal dan berkomitmen untuk memberikan dukungan berkesinambungan untuk mengembangkan bisnis mereka:

- Dukungan Operasional:

Shopee menghadirkan platform untuk berjualan tanpa dikenakan biaya apapun. Hanya dibutuhkan waktu 30 detik untuk bergabung sebagai pengguna Shopee.

Shopee juga menghadirkan beberapa fitur di dalam aplikasi yang dapat memudahkan pengguna aktif, misalnya: fitur Seller Centre dan Seller Assistant, untuk membantu penjual mendata dan mengantarkan produk dengan aman, efisien dalam biaya, dan professional.

Fitur ini juga membantu individu untuk mengatur bisnis mereka dalam platform Shopee.

Untuk komunitas penjualnya, Shopee mendedikasikan City Manager, yang akan secara khusus memantau kebutuhan penjual di kota-kota, sehingga memudahkan penjual untuk berkomunikasi dengan Shopee.

- Dukungan pengetahuan/keahlian:

Diluncurkan di tahun 2015, Kampus Shopee adalah sesi edukasi/ tutorial yang disiapkan Shopee untuk membantu mengembangkan bisnis online mereka dan membantu di tengah persaingan e-commerce.

Tahun ini, Shopee juga melakukan 'Roadshow Kampus Shopee' di 13 kota di seluruh Indonesia.

Selain itu, Shopee juga mengadakan 'Ngupee Shopee', sebuah acara mingguan untuk bertemu dan berbagi pengalaman serta informasi antar penjual di kota tersebut.

Shopee juga mengadakan 'Shopee Campus Competition', sebuah platform untuk mahasiswa sebagai sarana mengembangkan ide bisnis, dan memperoleh lebih banyak pengetahuan dan insight marketing.

- Dukungan finansial:

Shopee memiliki komitmen investasi sebesar Rp100 miliar untuk mendukung pengusaha lokal melalui program-program yang telah disebutkan sebelumnya.

Selain itu, Shopee Indonesia juga memberikan bantuan dana langsung kepada UKM terpilih melalui program 'Shopee untuk Negeri' untuk membantu mereka mengembangkan bisnisnya.

Lenny Yapananda Samudra, seorang mahasiswi dari Bogor menambahkan, dengan bantuan teknologi, generasi muda dapat memperoleh segala sesuatu dengan lebih mudah dibandingkan generasi sebelumnya.

"Untuk itu, kita harus berani dan mengambil langkah untuk memaksimalkan potensi, dan tidak menunda-nunda. Dengan Shopee, sangat mudah dan nyaman untuk memulai dan mengembangkan bisnis online, seperti saya," ucapnya.

Komentar

 
Embed Widget

x