Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 22:30 WIB

China Blokir Akses Seluler Apple Watch Series 3

Oleh : - | Senin, 23 Oktober 2017 | 13:13 WIB
China Blokir Akses Seluler Apple Watch Series 3
(Foto: MobileSyrup)
facebook twitter

INILAHCOM, Beijing - Salah satu fitur andalan Apple Watch Series 3 adalah kemampuan akses seluler. Namun, fitur tersebut kini tidak bisa digunakan oleh pengguna smartwatch anyar besutan Apple itu di China.

Wall Street Journal melaporkan bahwa China telah memblokir akses seluler Apple Watch Series 3. Ternyata, eSIM menjadi alasan mengapa akses tersebut diblokir. Hal ini dikarenakan pemerintah Negeri Tirai Bambu itu menaruh perhatian terhadap eSIM yang diusung dalam perangkat.

Keuntungan dari perangkat yang mengusung eSIM adalah, dengan software pengguna bisa memilih operator telekomunikasi dan paket komunikasi itu sendiri. Tapi di China, sistem baru itu menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana operator dan regulator dapat melacak identitas pengguna perangkat.

Pemblokiran yang dilakukan oleh Pemerintah China ini terbilang menarik. Pasalnya, operator telekomunikasi setempat, yakni China Unicom sempat menawarkan layanan seluler untuk Apple Watch pada akhir September lalu.

Mendengar adanya pemblokiran ini, pihak Apple memberikan konfirmasi bahwa pihak China Unicom telah menghentikan layanan seluler untuk Apple Watch Series 3.

Masih belum jelas kapan masalah ini akan diselesaikan. Namun, dengan dicabutnya akses seluler, maka konsumen di China dipastikan bakal lebih memilih untuk membeli Apple Watch Series 3 model WiFi-only.

Komentar

 
x