Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 02:15 WIB

Kanker Payudara Serang Pria di Irlandia Utara

Oleh : - | Jumat, 20 Oktober 2017 | 12:13 WIB
Kanker Payudara Serang Pria di Irlandia Utara
(ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Belfast - Saat berpikir tentang kanker payudara, Anda pasti menyangka itu adalah jenis kanker yang hanya menyerang kaum perempuan. Tapi, tidak demikian adanya.

Meski kanker payudara jarang menyerang kalangan pria, namun hal ini masih menjadi masalah di Irlandia Utara yang rata-rata ada 10 pria didiagnosis menderita kanker payudara setiap tahun.

Mengutip BBC, Ian Cranston, pria berusia 70 tahun, didiagnosis menderita kanker payudara pada Mei lalu. Dua minggu kemudian dia menjalani mastektomi.

Ayah dua anak dari kota Portadown ini dinyatakan sembuh dari kanker payudara pada Juni dan memutuskan untuk berbicara secara terbuka, agar semua pria sadar bahwa kanker payudara tidak hanya menyerang kaum perempuan.

"Para pria juga perlu memeriksakan payudara mereka agar mengetahui setiap perubahan," kata Cranston.

Pada bulan Mei itu, istri Cranston, Elizabeth, melihat ada yang tidak beres saat suaminya keluar dari kamar mandi.

Dia memberitahu suaminya, puting payudaranya melesak ke dalam dan harus memeriksakan ke dokter.

"Saya tidak tahu apa itu artinya. Pria tidak pernah terkena serangan kanker payudara, saya tidak perlu ke dokter. Saya tidak sadar saya memiliki payudara. Ini dada saya, pria tidak punya payudara, itu tidak mungkin," ujar Cranston.

Akhirnya, sang istri membujuk Ian untuk pergi ke dokter, dan merujuknya ke rumah sakit di Kota Craigavon. Hasil pemeriksaan yang dilakukan dokter membuat Cranston tercengang.

"Pria ternyata bisa terserang kanker payudara. Saya tidak bisa mempercayainya," katanya.

"Saya tidak bisa melakukan atau mengatakan apapun. Istri saya, Elizabeth menangis," imbuh Cranston.

Empat hari kemudian Cranston mengatakan bahwa dia 'baru saja bangkrut'. Dia pun memutuskan untuk membantu dan meningkatkan kesadaran akan penyakit ini. Menurutnya, jika dia berbicara bisa membantu satu orang, itu akan sangat berharga.

"Saya bisa mengerti mengapa perempuan bisa terkena kanker payudara, karena saya mengalaminya sendiri," katanya.

Tanda-tanda dan gejala-gejala kanker payudara

Lembaga yang menangani kanker di Irlandia Utara, NI Cancer Registry di Queen's University mengungkapkan dalam 23 tahun terakhir, sebanyak 166 pria didiagnosis menderita kanker payudara.

Mayoritas pria yang didiagnosis kanker payudara berusia antara 60 dan 80 tahun (99 persen), kemudian pria berusia di bawah 40 tahun (26 persen), dan pria berusia 80 tahun atau lebih (40 persen).

Annie Treanor, seorang perawat dari lembaga penanganan kanker payudara Southern Trust, mengatakan bahwa banyak orang tidak tahu bahwa pria bisa terkena kanker payudara, karena mereka tidak sadar bahwa pria juga memiliki payudara.

"Namun pria memiliki sejumlah kecil jaringan payudara di belakang puting susu mereka dan ini adalah tempat dimana kanker payudara dapat berkembang," jelas Treanor.

Dia mengatakan tanda dan gejala yang harus diwaspadai sama dengan gejala kanker payudara yang menyerang perempuan, di antaranya:

- Puting payudara yang melesak ke dalam,
- Adanya benjolan-benjolan di dalam jaringan payudara,
- Puting payudara mengeluarkan cairan,
- Timbul semacam bisul atau pembengkakan.

Komentar

 
x