Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 22:34 WIB

Unboxing Xiaomi Mi A1, Seperti Apa Isinya?

Oleh : Ibnu Naufal | Kamis, 19 Oktober 2017 | 06:07 WIB
Unboxing Xiaomi Mi A1, Seperti Apa Isinya?
(inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM baru saja kedatangan Xiaomi Mi A1 yang merupakan smartphone Android One hasil kerja sama antara Google dan Xiaomi. Kami pun mencoba memberikan sedikit pembahasan terkait perangkat ini kepada Anda. Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Xiaomi Mi A1 bisa dibilang adalah produk yang sama dengan Mi 5X, hanya saja OS yang digunakan adalah Android One, yang dikembangkan langsung oleh Google.

Android One sendiri adalah program Google bekerja sama dengan sejumlah vendor smartphone untuk menciptakan perangkat dengan harga terjangkau bagi negara berkembang.

Walau mendapatkan smartphone Google edisi harga miring, pengguna Mi A1 tetap bakal menerima pembaruan sistem operasi Android secara berkala seperti pengguna Nexus dan Pixel, lebih cepat dibanding smartphone lainya.

Lanjut ke desain, Mi A1 memiliki tampilan yang elegan, mirip gabungan dengan iPhone 7 dan juga Google Pixel.

Bodinya terlihat sangat ramping dan enak dipandang. Tapi yang perlu digarisbawahi sejak awal, perangkat ini terasa licin di dalam genggaman. Sehingga akan lebih aman jika nanti Anda membelinya, Anda langsung segera memasang casing pelindung tambahan.

Cangkang logam Mi A1 menggunakan material metal unibody yang terasa kokoh dan padat. Jika dilihat dari penampang bagian belakang. Pada bagian atas dan bawah, terdapat garis aksen yang juga berfungsi sebagai celah antena tepat di sudut sisi bagian atas dan bawah. Selebihnya hanya tekstur polos.

Dual kamera berada di sudut kiri belakang, seperti kebanyakan smartphone dual kamera saat ini. Modul kamera terlihat sedikit menonjol dilengkapi dengan lampu LED flash dual tone di sampingnya.

Xiaomi Mi A1 memiliki sensor fingerprint yang diletakan berada di bagian belakang perangkat. Sensor ini memiliki bentuk bulat.

Di sisi bagian bawah, terdapat lubang jack 3,5mm dan slot USB Type C yang diapit oleh grill speaker. Sementara slot tray kartu SIM berada di sisi bagian kiri. Tombol power dan volume berada di sisi bagian kanan, sedangkan di bagian atas terdapat sensor IR yang menjadi ciri khas dari Xiaomi.

Xiaomi Mi A1 memiliki layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD. Visibiltas layar masih tergolong standar, karena masih menggunakan panel IPS. Meski saat di coba dalam kondisi unboxing kondisinya masih cukup lumayan terang.

Pada panel depan juga terdapat tombol navigasi yang masih berada di bezel luar. Xiaomi tetap menggunakan tombol navigasi di bagian luar, dengan urutan tombol recent di sebelah kiri, home di tengah dan back di kanan.

Varian yang INILAHCOM pegang adalah varian berwarna Gold. Tapi yang jelas, yang membuat kami cukup penasaran adalah merasakan UI Android One pada Mi A1. Mungkin seperti yang dirasakan oleh beberapa penggemar, Mi A1 menjadi produk yang telah sangat dinantikan.

Pasalnya, dengan Android polos berbasis Nougat 7.1 ini, semua proses menjadi lebih cepat. Transisi multitasking terasa sangat smooth dan simple.

Aplikasi yang terinstall di dalamnya lebih banyak aplikasi bawaan Google. Seperti Google Photos sebagai pengganti Gallery, Google Play Movie, YouTube, Play Music, Duo, Drive dan lain sebagainya. Tidak ada sama sekali aplikasi bawaan dari Xiaomi yang biasanya dihadirkan di UI MIUI.

Beralih ke unboxing paket penjualan, Mi A1 masih sama seperti produk Xiaomi lainnya, yaitu memiliki kelengkapan sederhana, hanya tersedia kabel USB type-C, adaptor charger, SIM card ejector, kartu garansi, dan ada tambahan kartu perdana Telkomsel.

Kami masih dalam tahap pengujian untuk produk Mi A1. Tentunya Anda akan semakin penasaran, sehebat apa Mi A1 dan seperti apa kemampuan kameranya yang dibilang flagship ini. Nantikan review lengkapnya di INILAHCOM.

Komentar

 
x