Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 04:00 WIB

'Bug' WhatsApp Bisa Ketahui Pola Chat Pengguna

Oleh : Ibnu Naufal | Kamis, 12 Oktober 2017 | 13:13 WIB
'Bug' WhatsApp Bisa Ketahui Pola Chat Pengguna
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Meski disebut WhatsApp bahwa seluruh penggunannya yang berjumlah 1 miliar dilindungi dari kejahatan siber yang memata-matai aplikasi pengguna berkat enkripsi end-to-end miliknya.

Namun, seorang insinyur perangkat lunak bernama Robert Heaton telah menemukan celah berbahaya (bug) yang memungkinkan orang luar mengetahui ketika dua pengguna WhatsApp paling mungkin saling mengirim pesan, dan saat mereka tidur.

Menggunakan status online WhatsApp dan fitur yang terakhir terlihat memungkinkan seseorang menganalisis angka dan mendapatkan ide bagus tentang pola tidur pengguna.

Setelan yang terakhir terlihat memungkinkan setiap orang untuk memiliki akses ke data, membatasi mereka untuk dilihat hanya oleh kontak, atau membiarkannya disembunyikan ke semua orang.

Secara default, informasi ini tersedia bagi siapa saja untuk dilihat. Informasi status online tidak dapat disembunyikan atau dibatasi dengan cara apapun.

Heaton mengungkapkan bagaimana informasi ini bisa digunakan. Pertama, dia akan membuat ekstensi Chrome yang memungkinkannya untuk memantau kapan kontaknya online, menggunakan aplikasi web WhatsApp. Dibutuhkan hanya empat baris Javascript untuk melakukan ini.

Dengan mengambil informasi itu dan membandingkannya dengan aktivitas kontak lain, Heaton bisa mengetahui kapan dan kapan dua kontaknya saling berkomunikasi. Kerentanan yang sama bisa dimanfaatkan di Facebook.

Mengetahui pola tidur pengguna aplikasi pesan adalah jenis informasi yang akan dikreditkan oleh pengiklan online, sehingga kerentanan ini secara teori membantu usaha bagi individu yang memanfaatkannya.

Tags

Komentar

 
x