Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 04:04 WIB

YouTube Haramkan Konten Modifikasi Senjata Api

Oleh : Ibnu Naufal | Selasa, 10 Oktober 2017 | 21:21 WIB
YouTube Haramkan Konten Modifikasi Senjata Api
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Pasca tragedi penembakan massal yang menewaskan lebih dari 50 orang di Las Vegas pekan lalu, YouTube memutuskan untuk melarang berbagai video tutorial modifikasi senjata api.

Video-video yang dilarang termasuk instruksi untuk memodifikasi senapan semi otomatis, sebuah taktik yang digunakan tersangka penembakan Las Vegas.

Juru bicara YouTube mengatakan bahwa mereka telah menghapus beberapa video tutorial yang menampilkan bump stock, sebuah alat yang dapat membuat senjata memuntahkan peluru lebih cepat.

"Setelah tragedi di Las Vegas, kami kini mengawasi video yang menunjukkan bagaimana cara mengubah senjata api agar api lebih cepat, dan kami memperluas kebijakan kami untuk melarang video sejenis ini," ungkap juru bicara YouTube dalam sebuah email ke Newsweek.

Langkah ini merupakan perluasan dari kebijakan perusahaan yang ada terhadap konten berbahaya.

Sang juru bicara berkata, YouTube telah sejak lama memiliki peraturan melawan konten yang berbahaya, termasuk video mempromosikan atau menjual senjata api dan aksesori senjata.

"Meskipun tampaknya tidak adil, kami melarang segala konten yang bermaksud untuk memicu kekerasan atau mendorong kegiatan berbahaya atau ilegal," bunyi halaman kebijakan YouTube.

Diketahui, pada 12 senjata yang ditemukan di kamar hotel pelaku penembakan Las Vegas, terpasang bumb stock. Modifikasi ini membuat senjata dapat menembak lebih cepat.

Asosiasi Senapan Nasional Amerika Serikat (NRA) belum lama ini mendukung pembatasan bump stock, meski mereka tidak setuju jika bump stock dilarang sepenuhnya.

Setelah penembakan di Las Vegas, YouTube mengatakan bahwa mereka kemudian meneliti konten-konten terkait modifikasi senjata api yang muncul di platform-nya, dan memastikan agar peraturan mereka melingkupi video-video tersebut. Namun, respons mereka untuk menghapus video terkait masih terbilang lambat.

Menurut Engadget, jika Anda mencari menggunakan 'bump stock' sebagai kata kunci, maka YouTube masih akan menampilkan ratusan ribu video tentang perangkat modifikasi tersebut, seperti 'Cara membuat bump stock di rumah' atau 'meningkatkan efisiensi senjata'.

Kebanyakan konten video terbaru terkait bump stock berasal dari media yang menjelaskan tentang peran alat itu dalam penembakan yang baru terjadi di Las Vegas. Sementara video tutorial terkait bump stock masih banyak yang belum dihapus.

Mungkin, karena banyaknya video itu merupakan salah satu alasan YouTube kesulitan untuk menghapus semuanya.

Komentar

 
x