Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 03:58 WIB

ASUS VivoBook S15, Notebook Premium Fitur Kekinian

Oleh : Ibnu Naufal | Sabtu, 7 Oktober 2017 | 07:07 WIB
ASUS VivoBook S15, Notebook Premium Fitur Kekinian
(ist)
facebook twitter

ASUS sangat dikenal di dunia dan di tanah air sebagai salah satu produsen komputer mobile. Produknya pun sangat banyak macam. Jajaran produknya yang terkenal antara lain ZenBook, ROG Series, dan tentunya Vivo Series.

Anggota keluarga Vivo series ini salah satunya yang terbaru diluncurkan adalah ASUS VivoBook S15. Hal yang menarik dari laptop VivoBook S15 adalah penampilannya yang mirip dengan produk ASUS dari kelas Zenbook. Plus, dapur pacu bawaannya pun ternyata tidak mengecewakan, bahkan terbilang mencapai kesetaraan dengan beberapa produk ZenBook.

Namun begitu, karena masih menyandang nama VivoBook, Notebook ini justru dijual dengan harga yang relatif lebih murah daripada laptop seri ZenBook yang setara dengannya.

Notebook sekelas Vivobook series ditujukan bagi mereka yang membutuhkan kemampuan multi-tasking yang baik untuk itu beberapa teknologi yang disematkan ASUS pada Seri Vivobook ini juga sangat cocok.

Desain Premium Rasa Zenbook

Belakangan ini desain Notebook pada beberapa vendor tampak begitu membosankan. Meskipun desainnya sebenarnya menarik, sayangnya desain menarik ini seringkali sekedar disalin tempel ke varian model lain dengan hanya sedikit perubahan sehingga satu varian model seringkali sulit dibedakan dari varian model lain.

Secara sekilas, desain bentuk Notebook Vivobook S15 tampak seperti laptop-laptop ASUS di jajaran ZenBook. Meskipun bukan anggota ZenBook, setidaknya desain bodi yang mirip itu bisa memberikan impresi elegan dan kesan sebuah Notebook premium, berkat penggunaan tekstur logam dengan goresan bermotif radial dan desain bodi bagian dalam, seperti yang digunakan oleh ZenBook Plus.

Dimensi Notebook ini berukuran 36,1 cm x 24 cm dengan ketebalan 1,79 cm. Impresinya terlihat dari laptop ini lumayan tipis. Kenyamanannya pun semakin bertambah dengan bobotnya yang hanya 1,7 Kg sehingga semakin ramah bagi mereka yang suka bepergian.

Berhubung laptop ini dirancang sebagai laptop serba bisa dengan skenario penggunaan aplikasi office dan multimedia, ASUS pun memberikan GPU khusus selain dari yang terdapat di dalam System on Chip masing-masing prosesor.

Performa handal

ASUS memberikan spek hardware yang lumayan tinggi kepada Vivobook S15. Prosesor yang digunakan adalah Intel Core i5 7200U yang berasal dari generasi ketujuh dan termutakhir, Kaby Lake.

Intel Core i5 7200U adalah prosesor Intel dengan arsitektur Kaby lake dengan teknologi manufaktur 14 nm+ yang merupakan pembaruan pembaruan dari Skylake, prosesor ini bekerja dengan kecepatan yang mampu dipacu hingga 3,1 GHz dengan fitur Turbo Boosting.

Dengan prosesor generasi baru, dipastikan pastinya ada peningkatan performa bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Untuk mendampingi prosesor yang powerful ini, ASUS memberikan grafis NVIDIA GeForce 940MX yang mengandalkan 384 shader core berteknologi Maxwell dengan kecepatan 1122MHz dengan Turbo 1242MHz yang dipadukan dengan 24 TMUs, dan 8 ROPs.

Kartu grafis GeForce 940MX yang digunakan pada Vivobook S15 ini dikawinkan dengan memori VRAM 2GB DD5 berkecepatan 5GHz dengan antarmuka memori 64-bit, graphics processor ini mampu memberikan performa rendering grafis yang tinggi sehingga semestinya tidak menghadapi masalah besar ketika diumpankan permainan-permainan kekinian dengan grafis 3D yang berat dan kompleks.

Selain memiliki kartu grafis yang kencang Vivobook ini juga ditemani Memori DDR4 2133 buatan Hynix sebesar 4 GB.

Modul memori ini terpasang di salah satu dari 2 slot memori yang ada. Kapasitas memori maksimal yang bisa didayagunakan oleh sistem hardware notebook ini sampai 16 GB.

Sektor penyimpanan juga menjadi daya tarik dari laptop ini, dengan penggunaan dua buah storage yang dikombinasikan antara HDD dan SSD membuat pengguna yang ingin kinerja cepat dapat melakukan opsi dengan menggunakan kapasitas SSD sebagai cache untuk sejumlah file yang sering digunakan.

Seperti misalnya file yang digunakan oleh sistem operasi, dengan begitu waktu yang dibutuhkan tentunya jauh lebih cepat dibanding mengaksesnya langsung dari HDD.

Untuk layar VivoBook S15 juga tidak mengecewakan, Layar berdimensi 15,6 inci dengan resolusi 1920 x 1080 (full HD) LED yang didukung teknologi 178 wide-view adalah pilihan yang tepat untuk sebuah notebook multimedia.

Konektivitas Melimpah

Sebagai notebook multimedia, versatilitas atau keserbagunaan adalah hal yang penting. Termasuk soal versatilitas konektivitas jaringan dan perangkat keras terhadap laptop. Dan ASUS Vivobook S15 berusaha memberikan yang terbaik.

Untuk konektivtas jaringan, selain Port USB 2.0 laptop ini dibekali port USB 3.1 dengan konektor USB Type-C reversibel dengan desain any-way-up yang membuat perangkat penghubung menjadi sederhana dan cepat.

Lalu ada juga slot kartu HDMI dan slot SD card tentunya mendukung kompatibilitas tanpa kerumitan dengan berbagai macam periferal, display dan proyektor.

Kesimpulan

Dengan segala kelebihannya tersebut VivoBook S15 dijual dengan harga Rp 9,8 Juta di Indonesia.

ASUS memang memasang label VivoBook S15 sebagai jajaran khusus laptop kelas premium, dengan komponen hardware cukup mumpuni, dan fitur yang banyak.

Semuanya demi memuaskan dan memenuhi keperluan para pengguna eksekuitf muda yang diekspektasikan memiliki laptop ini ketika bekerja dan beraktivitas sehari-hari.

Jika dibandingkan dengan ASUS ZenBook, yang memiliki banderol lebih mahal yaitu Rp 16 jutaan hingga Rp 25 juta. Jelas notebook apik ini adalah pilihan yang lebih menarik.

Komentar

 
x