Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 20:46 WIB

Setelah 54 Tahun Beroperasi

Toyota Resmi Akhiri Produksi di Australia

Oleh : - | Rabu, 4 Oktober 2017 | 16:15 WIB
Toyota Resmi Akhiri Produksi di Australia
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Melbourne - Anak perusahaan untuk produksi dan penjualan Toyota Motor Corporation (TMC) di Australia, yakni Toyota Motor Corporation Australia Ltd (TMCA), resmi mengakhiri kiprahnya setelah 54 tahun beroperasi di negara tersebut.

Sekitar 3.000 orang, termasuk karyawan, mantan karyawan, pemasok, diler dan pejabat TMC menghadiri upacara penutupan di pabrik Altona di negara bagian Victoria.

"Terima kasih atas usaha yang telah lama ada, Toyota menjadi produsen mobil papan atas di Australia, dan kendaraan yang diproduksi di sini menjadi buah bibir atas kualitas dan kehandalan. Tidak hanya di Australia tetapi juga di dunia sebagai kendaraan yang diekspor ke daerah lain seperti Timur Tengah," kata Dave Buttner Presiden TMCA, saat memberikan penghormatan kepada para karyawan.

Presiden TMC Akio Toyoda juga memberikan sambutan melalui video saat ia melakukan kunjungan ke pabrik Altona pada akhir Agustus lalu. Toyoda menyemangati para karyawan dan menghaturkan rasa terima kasihnya secara langsung.

"Dengan tulus saya mengucapkan terima kasih atas usaha para karyawan, pelanggan, pemasok, diler, pejabat pemerintah, dan masyarakat lokal yang telah mendukung kegiatan produksi di Australia," katanya.

"Meskipun bisnis manufaktur akan berakhir hari ini, kami akan terus berupaya lebih jauh untuk menjadi produsen mobil yang akan dicintai oleh semua orang di Australia dan lebih didukung dari sebelumnya," ucap Toyoda.

TMCA akan mengalihkan fungsi penjualan dan pemasarannya dari Sydney ke markas besarnya di Melbourne, sebagai peralihan menjadi perusahaan distribusi mulai 2018.

Sedangkan pabrik Toyota di Altona akan dijadikan sebagai fasilitas pengembangan produk, dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian guna lebih mengembangkan orang, produk, dan layanan Toyota.

Selain itu, pimpinan TMCA Max Yasuda mengumumkan pembentukan Yayasan Komunitas Toyota Australia yang akan berkontribusi di wilayah Australia dalam jangka panjang setelah pabrik manufaktur itu ditutup.

Komentar

 
x