Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 04:06 WIB

Australia Selatan Kenalkan Teknologi SIM Digital

Oleh : - | Minggu, 1 Oktober 2017 | 04:30 WIB
Australia Selatan Kenalkan Teknologi SIM Digital
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Adelaide - Pemerintah Negara Bagian Australia Selatan akan mengenalkan teknologi yang memungkinkan surat izin mengemudi (SIM) berubah menjadi bentuk digital mulai Oktober 2017.

Tersedia bagi siapa saja di Australia Selatan dengan izin belajar mengemudi, lisensi kendaraan sementara, lisensi penuh, atau lisensi kendaraan berat, fitur baru tersebut opsional dan bisa diakses melalui aplikasi smartphone mySA GOV.

Sidik jari, proteksi PIN, dan barcode yang melakukan refresh setiap 30 detik, merupakan beberapa pengamanan yang digunakan untuk menangkal lisensi palsu, demikian menurut laporan Car Advice.

Strategi ini telah diterapkan untuk beberapa izin lainnya di Australia Selatan, termasuk kartu bukti usia, lisensi kapal, dan registrasi kendaraan.

Berkat tampilan lisensi secara real-time, izin yang telah kadaluarsa atau ditangguhkan akan muncul pada salah satu bagian untuk menunjukkan statusnya berupa warna oranye atau merah, dan barcode tidak akan muncul sehingga tidak bisa divalidasi.

Ada juga fitur 'goyangkan untuk bergerak' yang membantu mengidentifikasi bahwa lisensi yang ditunjukkan bukan foto atau tangkapan layar (screenshot).

Untuk menggunakan lisensi digital, pengguna harus mendaftar ke akun MySA GOV dan melakukan verifikasi identitas mereka sebelum strategi baru ini mulai berlaku bulan depan.

Pengumuman tersebut menyusul langkah serupa oleh Transport for New South Wales (NSW), yang baru-baru ini mengumumkan uji lisensi digital untuk penduduk Dubbo mulai November mendatang, dengan seluruh negara bagian berencana menggunakan terobosan baru itu pada 2019.

Komentar

 
x