Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 04:07 WIB

Inilah iPhone X

Oleh : - | Rabu, 13 September 2017 | 03:00 WIB
Inilah iPhone X
(CNN)
facebook twitter

INILAHCOM, Cupertino - Ini dia yang ditunggu-tunggu. Memperingati 10 tahun kehadiran iPhone, Apple pun meluncurkan perangkat yang selama beberapa bulan terakhir ini hilir mudik muncul dalam bentuk rumor dan bocoran. Ucapkanlah selamat datang kepada iPhone X!

Apple memperkenalkan iPhone X (baca: iPhone Ten) sebagai lini yang benar-benar beda dari sebelumnya, menandai satu dekade kiprah raksasa teknologi AS ini di industri smartphone.

"Ini adalah lompatan terbesar sejak iPhone pertama kali diperkenalkan pada 10 tahun silam," kata CEO Apple Tim Cook, dalam acara peluncuran iPhone X yang berlangsung di Steve Jobs Theatre, Apple Park, Cupertino, California, AS, Selasa siang (12/9/2017) waktu setempat atau Rabu pagi (13/9/2017) WIB.

Baca juga: Apple Luncurkan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

iPhone X hadir dengan bodi bermaterial aluminium level aerospace yang dibalut lapisan kaca, mirip yang disematkan Apple pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Namun, hal yang tampak paling menonjol dari iPhone X adalah desain yang berbingkai tipis atau kerap disebut 'bezel-less' dengan layar berukuran 5,8 inci. Layar demikian dimungkinkan Apple untuk pertama kalinya memasang display jenis OLED pada produk smartphone mereka.

Tak hanya itu, tampilan displaynya pun mengusung Super Retina yang diklaim membawa kontras terbaik, resolusi tinggi, serta warna lebih beragam, kaya, dan akurat.

Tampilan Super Retina membuat layar iPhone X memiliki resolusi 2436 x 1125 piksel dan kerapatan 456 ppi. Ini adalah kerapatan piksel paling tinggi sepanjang sejarah kehadiran iPhone.

"Layar OLED pertama yang hebat untuk iPhone. Kecerahan, rentang, dan akurasi warna sesuai standar Apple," kata Phil Schiller, Senior VP of Worldwide Marketing Apple yang juga berada di atas panggung peluncuran.

Karena mengusung layar penuh, Apple menanggalkan tombol Home fisik. Sebagai gantinya, mereka memperkenalkan cara baru yang begitu mudah untuk memulai navigasi dan juga kembali ke layar utama.

"Cukup menyapu layar ke atas dari bawah. Sekali Anda melakukannya, maka Anda akan menyadari tidak ada cara yang lebih baik lagi," kata Schiller.

Meski demikian, Apple masih membenamkan tombol fisik di sisi kanan yang berguna untuk berbicara dengan asisten digital Siri.

Seperti bocoran yang beredar sebelumnya, iPhone X dibekali sensor pemindai wajah bernama Face ID yang bisa digunakan untuk membuka perangkat. Fitur ini diklaim sangat aman. Bila Touch ID yang menggunakan sensor sidik jari punya tingkat keamanan 1:50.000, maka Face ID lebih tinggi dengan 1:1.000.000.

Dari atas panggung, Schiller pun mencontohkannya dengan cara simpel. Tak perlu menekan apa-apa, cukup melihat ke arah layar iPhone X.

"Kami menyebutnya sebagai Face ID. Temuan Apple ini bakal menjadi game-changing di industri smartphone untuk melindungi keamanan pengguna. Fitur Face ID dimungkinkan oleh algoritma ciptaan Apple yang dipadankan kemampuan TrueDepth di kamera depannya," jelasnya.

Seberapa cepat Face ID pada iPhone X mengenali wajah pengguna? Schiller menjelaskan bahwa pemrosesannya terjadi secara real-time dan diklaim sulit ditipu karena terus mempelajari pola wajah.

Meski pengguna mengganti gaya rambut, memakai topi, atau memakai kacamata, Face ID masih akan tetap bisa mengenali wajah sang pemilik iPhone X. Face ID juga bisa membedakan raut wajah asli dengan foto, sehingga enggan tertipu oleh foto wajah.

Fungsi Face ID pun tidak hanya sebatas membuka perangkat, tapi bisa juga dipakai untuk Apple Pay atau aplikasi pihak ketiga. Menariknya, fitur ini dapat digunakan untuk menciptakan emoji animasi alias animoji.

Apple tampaknya menyadari jika generasi saat ini senang berbagi emoji dan animoji diharapkan bisa meningkatkan pengalaman berekspresi.

iPhone X juga telah dilengkapi kamera belakang ganda. Namun, tak seperti iPhone 8 Plus yang kamera gandanya horizontal, kamera ganda pada iPhone X dibuat vertikal. Sensornya berkualitas 12MP+12MP dengan filter warna baru, piksel lebih dalam, serta bukaan masing-masing f/1.8 dan f/2.4.

Kamera ganda ini sudah disematkan Optical Image Stabilization (OIS) di masing-masing lensanya yang menjanjikan foto tajam dan minim noise. Kamera ini juga telah memiliki zoom low-light yang lebih baik, perekaman video lebih mumpuni, serta quad-LED True Tone flash untuk pembidikan di situasi gelap yang semakin natural.

Kamera selfie-nya pun ditingkatkan dengan kehadiran fitur Potrait Lighting yang memungkinkan pembidikan foto portrait lebih tajam layaknya kamera SLR berlensa premium.

Sebagai dapur pacunya, Apple juga membekali iPhone X dengan prosesor A11 Bionic yang memiliki 6 inti dengan desain 64-bit sama seperti yang digunakan oleh iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Smartphone canggih ini juga telah mendukung Augmented Reality (AR).

Adapun spesifikasi lain dari iPhone X mencakup speaker stereo, kemampuan antiair dan antidebu, pengecasan tanpa kabel alias wireless, serta fitur pengisian baterai cepat.

Lini spesial ini mulai dibuka pemesanannya pada 27 Oktober 2017 dan akan tersedia di beberapa negara pada 3 November 2017. Harganya mulai US$999 atau sekitar Rp13,2 juta.


Komentar

 
x