Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 19:50 WIB

Ayam Jantan Kalahkan Ular Kobra dalam Pertarungan

Oleh : - | Senin, 11 September 2017 | 00:00 WIB
Ayam Jantan Kalahkan Ular Kobra dalam Pertarungan
(National Geographic)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Seekor ayam jantan di India menunjukkan keberanian yang nyata saat mempertahankan kelompoknya dari serangan ular kobra.

Dalam video yang dilansir oleh National Geographic terlihat bahwa ular mematikan itu secara defensif berusaha menyerang ayam jantan beberapa kali. Namun, dengan gerakan paruh yang tangkas, ayam itu meraih ular tersebut, yang membuatnya terbebas dari bahaya. Sementara itu, si kobra terus menggeliat dan berusaha melarikan diri.

Ayam jantan mendorong kobra menjauhi ayam-ayam lain, sesekali menjatuhkan dan mematuk, dan terkadang berlari dengan kobra yang menjuntai dari paruhnya. Gerakan cekatan yang dilakukan si ayam membuat kobra lebih sulit menyerang dengan racunnya yang mematikan.

Pada akhir pertarungan, ayam jantan tersebut menelan bulat-bulat ular kobra yang sudah lemah, mematuk reptil itu dengan paruhnya, saat si ular berusaha kuat untuk melarikan diri.

Perilaku ayam jantan ini sungguh tidak biasa. Umumnya, burung lah yang memangsa ular, dan ayam jantan hanya sesekali melakukannya. Ayam jantan domestik selalu mencari predator yang mungkin mengincar telur induknya, meskipun terkadang ular besar lah yang akan menang.

Ular dalam video di atas kemungkinan adalah seekor anak King Kobra, spesies yang sebagian besar hidup di hutan hujan dan dataran India, China selatan, dan Asia Tenggara. Selain telur dan burung, mereka juga memakan kadal.

Semua kobra memiliki bisa yang mematikan, dan jumlah neurotoksin di salah satu gigitannya cukup untuk membunuh 20 orang. Mereka biasanya pemalu, tetapi dapat menjadi ganas jika dalam keadaan terpojok.

Hubungan antara ayam jantan dan ular pun telah menjadi mitologi. Dalam beberapa cerita, ayam jantan yang berkokok dapat berakibat fatal bagi ular mitologis yang dikenal sebagai basilisk.

Berikut videonya:

Komentar

 
x