Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 00:07 WIB

Ilmuwan Temukan Spesies Baru Kepiting di Filipina

Oleh : - | Selasa, 5 September 2017 | 13:13 WIB
Ilmuwan Temukan Spesies Baru Kepiting di Filipina
(Jose Mendoza/ gmanetwork.com)
facebook twitter

INILAHCOM, Manila - Sejumlah pakar biologi Filipina mengklaim telah menemukan spesies baru kepiting air tawar di sebuah danau di Pulau Mindanao, Filipina bagian selatan.

Jose Mendoza, salah satu ilmuwan di balik penemuan tersebut, mengatakan bahwa spesies kepiting itu ditemukan secara tidak sengaja di Desa Seloton, Danau Sebu di Provinsi Cotabato Selatan.

"Rekan penulis saya membelinya dari pedagang yang menjual kepiting dan ikan air tawar untuk makanan," katanya merujuk rekan penulisnya bernama Emerson Y Sy.

Mendoza bekerja sebagai dosen di National University of Singapore, sementara rekannya Sy bekerja untuk Pusat Penelitian Terestrial dan Perairan Filipina (PCTAR).

"Para pedagang dan pasar, terutama di daerah terpencil atau daerah yang diremehkan, adalah salah satu tempat pertama yang kami lihat saat kami meneliti keanekaragaman hayati di wilayah tersebut. Bagaimana orang berinteraksi dengan atau memanfaatkan keanekaragaman hayati ini?," ungkap Mendoza, seperti dilansir Xinhua.

Dia mengatakan bahwa abstrak penemuan mereka akan dipublikasikan di Michael Turkay Memorial Issue of Crustaceana, sebuah jurnal terkemuka tentang penelitian krustasea.

Mendoza mengatakan bahwa spesies kepiting baru tersebut bernama Sundathelphusa Miguelito untuk menghormati Turkay sebagai ahli kanker atau ilmuwan yang mempelajari krustasea dari Museum dan Lembaga Penelitian Senckenberg di Frankfurt, Jerman.

Komentar

 
Embed Widget

x