Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 00:01 WIB

10 Tren Teknologi yang Bakal Dominan di Masa Depan

Oleh : Ibnu Naufal | Sabtu, 19 Agustus 2017 | 08:30 WIB
10 Tren Teknologi yang Bakal Dominan di Masa Depan
(ist)
facebook twitter

SEMAKIN lama, perkembangan teknologi pun makin pesat. Dunia berubah dengan teknologi baru hampir setiap hari. Smartphone, komputasi awan, atau tablet multi sentuh, semua inovasi ini merevolusi hidup kita. Namun, ini baru permulaan.

Dilansir Knowstartup, berikut adalah beberapa teknologi mendatang yang menarik yang akan berlaku 2018 dan masa depan,

1. Chat Bots dan Antarmuka Percakapan

Akan ada lebih banyak percakapan dengan komputer dan teknologi yang muncul untuk mengotomatisasi lebih banyak lagi proses sehari-hari kita di tempat kerja dan dalam kehidupan.

Ini mulai digunakan sekarang tapi masih belum banyak diadopsi. Ini akan membawa lebih banyak kecerdasan buatan untuk mendorong tren ini ke depan.

2. Teknologi Electrovibration

Teknologi Electrovibration akan mengubah pengalaman touchscreen mobile secara dramatis. Anda akan bisa merasakan berbagai jenis tekstur.

Pengalaman belanja online akan pergi lebih tinggi. Bayangkan belanja pakaian secara online tanpa mengkhawatirkan tekstur dan kualitas kain.

Kemajuan ini juga dapat menyebabkan tren menguntungkan secara sosial. Misalnya, orang buta bisa menggunakannya untuk Braille, dan mengakses smartphone seperti orang lain.

3. Speech-to-speech Terjemahan

Pada tahun 2012, Microsoft menunjukkan terjemahan speech-to-speech yang mengesankan dan sekarang, panggilan konferensi multi-bahasa real-time akhirnya bisa menjadi kenyataan komersial pada tahun 2017.

IBM juga telah menyebutkan bahwa mereka akan membuka platform superkomputer Watson-nya ke pengembang pihak ketiga.

Ini akan memungkinkan fitur pemrosesan bahasa alami yang akan dibangun ke dalam aplikasi.

Bayangkan mendiskusikan hal-hal penting di seluruh dunia hanya dengan ketukan, dalam banyak bahasa tanpa bantuan penerjemah atau mediator.

4. Lompatan Gerak

Leap Motion menghadirkan cara yang sama sekali baru untuk berinteraksi dengan komputer Anda. Sederhananya, Leap Motion lebih akurat daripada mouse, bisa diandalkan seperti keyboard dan lebih sensitif daripada touchscreen.

Untuk pertama kalinya, Anda bisa mengendalikan komputer dalam tiga dimensi dengan gerakan tangan dan jari alami Anda.

5. Udara untuk Bahan Bakar

Sebuah perusahaan Inggris yang berbasis di Teesside mengatakan bahwa pihaknya merancang teknologi baru yang revolusioner yang dapat menghasilkan bensin dengan menggunakan udara dan air.

Sintesis Bahan Bakar Air di Stockton-on-Tees telah menghasilkan lima liter bensin sejak Agustus, namun berharap bisa berproduksi pada tahun 2015 membuat bahan bakar sintetis yang ditargetkan ke sektor olahraga motor.

Perusahaan yakin teknik ini bisa membantu mengatasi masalah pasokan energi dan mengurangi pemanasan global.

6. Teknologi Bio

Tangan Bionik dikendalikan oleh sinyal otak. Ini memungkinkan orang tanpa jari untuk memiliki tangan yang berfungsi penuh yang dapat mengangkat dan menangani benda-benda halus.

Ini benar-benar dikendalikan oleh otak dan tidak memerlukan pembedahan. Touch Bionics, perusahaan yang memproduksi tangan Pro Digit, dapat memasang tangan lengkap dengan 'kulit yang masih hidup', penutup plastik yang menyerupai kulit manusia, dengan harga di bawah US$50.000. Sebuah harga kecil untuk membayar sebuah tangan baru yang saya pikirkan.

7. Augmented Reality

Masa depan teknologi mobile erat berkisar pada dua kata: augmented reality (AR).

AR dalam istilah sederhana berarti versi lanjutan dan tak terlihat dari apa yang bisa kita lihat dengan mata telanjang kita. Penglihatan biasa saat dirasakan melalui smartphone kita yang diinfuskan dengan teknologi AR akan ditingkatkan melalui penggunaan input sensorik buatan komputer seperti data suara, video, grafik dan GPS.

8. Mobil Tanpa Pengemudi

Mobil pengemudi otonom beserta kendaraan listrik akan memiliki dampak besar pada industri mobil yang kita kenal sekarang.

Kendaraan otonom akan menghilangkan kebutuhan akan kepemilikan mobil bagi masyarakat, dan kendaraan listrik akan mengubah permainan konsumsi bahan bakar fosil.

9. Mesin Belajar

Apa yang setiap startup inginkan berbeda setiap dekadenya. Pada tahun 1980-an itu adalah perusahaan perangkat lunak. Pada tahun 1990 itu adalah perusahaan internet. Pada tahun 2000 itu adalah jaringan sosial. Pada tahun 2010 itu sekarang sebuah perusahaan mesin belajar.

Bahkan bisnis mapan, eBay misalnya, menemukan kembali dirinya sendiri dan ingin masuk ke mesin belajar 'revolusi kognitif'.

10. Serverless Architectures

Munculnya platform "'function-as-a-service' seperti AWS Lambda atau Azure Functions akan membawa biaya DevOps ke minimum pada tahun-tahun berikutnya.

Membangun aplikasi Anda dalam kerangka kerja semacam itu membantu mengembangkan, memberikan, dan menyaring layanan secara mulus dengan biaya yang sepersekian.

Platformnya belum ada untuk adopsi besar-besaran, namun trennya berkembang setiap hari.

Komentar

 
x