Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 07:27 WIB

Google Rela Bayar Rp40 Triliun Demi Chrome di iOS

Oleh : Ibnu Naufal | Rabu, 16 Agustus 2017 | 13:30 WIB
Google Rela Bayar Rp40 Triliun Demi Chrome di iOS
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Perusahaan sekuritas Bernstein menngabarkan jika Google akan membayar sekitar US$3 miliar atau sekitar Rp40 triliun untuk membuat Chrome menjadi browser bawaan di perangkat besutan Apple.

Hal ini terungkap setelah Bernstein membeberkan sebuah nota kepada para investor dari Google. Mereka mengatakan bahwa Google telah menggelontorkan uang hingga triliunan rupiah pada tahun ini hanya untuk mendapatkan lisensi tersebut.

Analis Bernstein A.M. Sacconaghi Jr. mengatakan dalam suratnya kepada investor bahwa dengan meminta biaya lisensi yang tinggi, Apple akhirnya bisa mengubah Google sama sekali.

Pembayaran yang Google lakukan ke Apple menjadi salah satu sektor yang paling menguntungkan bagi perusahaan teknologi raksasa asal AS tersebut.

Bahkan kabarnya, pendanaan dari raksasa pencarian internet itu dapat mencapai hampir 5 persen dari total laba usaha Apple tahun ini.

Akan tetapi, Google dapat memutuskan untuk berhenti membayar biaya jika mesin pencarian mereka cukup populer dengan pengguna IOS. Namun, karena ada ratusan juta perangkat iOS di luar sana, mereka menyumbang sekitar 50 persen pendapatan penelusuran seluler Google.

Google telah menjadi mesin pencari default di iPhone Apple sejak hari pertama. Aplikasi Google lainnya seperti YouTube dan Google Maps berhasil bertahan di sekitar home page iPhone dan iPad sampai iOS 6 saat Apple memboikotnya.

Google mengganti keduanya dengan aplikasi iOS baru yang tersedia secara gratis dari App Store, dan Apple Maps menggantikan Google Maps sebagai aplikasi pemetaan default di iPhone dan iPad.

Komentar

 
x