Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 23:30 WIB

Ilmuwan Cari Cara Penyembuhan Diabetes Tipe-1

Oleh : Ibnu Naufal | Kamis, 10 Agustus 2017 | 01:00 WIB
Ilmuwan Cari Cara Penyembuhan Diabetes Tipe-1
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, San Diego - Seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, masih ada beberapa penyakit yang ilmuwan belum dapat menemukan penyembuhan lengkap, seperti diabetes tipe-1 yang merupakan sesuatu yang lebih 'berhasil' daripada yang disembuhkan.

Namun, sepertinya periset di ViaCyte bisa semakin dekat dan sejak saat itu menciptakan apa yang mereka sebut 'penyembuhan fungsional'.

Pada dasarnya ini melibatkan terapi berdasarkan sel punca dimana insulin bisa dilepaskan ke tubuh pasien bila dibutuhkan.

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan diabetes tipe-1, ini adalah kondisi di mana pankreas orang tersebut memproduksi terlalu sedikit atau bahkan tidak insulin, yang berarti bahwa mereka yang menderita karenanya harus terus memantau kadar glukosa dan mengambil insulin tambahan, yang terkadang dapat Sulit terutama saat bepergian.

Namun sebelum kita terlalu bersemangat, nampaknya penelitian ini masih dalam tahap awal. Ronde pertama uji klinis dilakukan untuk melihat apakah sel induk dapat tumbuh sepenuhnya ke sel yang diperlukan untuk memproduksi insulin.

Kabar baiknya adalah bahwa persidangan berhasil, namun kabar buruknya adalah jumlah sel dalam implan tidak cukup untuk mengobati pasien yang sebenarnya.

ViaCyte dengan cepat menunjukkan bahwa ini sama sekali bukan pengobatan penuh karena tidak mengatasi atau mengobati penyebab spesifik dari kondisi ini.

Ini juga akan mengharuskan pasien untuk menggunakan obat imunosupresif untuk melindungi sel yang diciptakan dari sistem kekebalan tubuh mereka sendiri, namun setidaknya kami menanggapinya sebagai langkah ke arah yang benar, demikian lansir Ubergizmo.

 
Embed Widget

x