Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 16:39 WIB

Tembok AS-Meksiko Bisa Ancam Spesies Langka

Oleh : - | Jumat, 4 Agustus 2017 | 14:30 WIB
Tembok AS-Meksiko Bisa Ancam Spesies Langka
(Foto: Mike Blake/File Photo)
facebook twitter

INILAHCOM, Houston - Tembok yang rencananya akan dibangun oleh Pemerintah AS di sepanjang perbatasan dengan Meksiko dikhawatirkan akan membahayakan lebih dari 100 spesies yang terancam punah.

Asisten Profesor Ekologi dan Biologi Evolusioner di Rice University, di Houston, Texas, AS, Scott Egan, mengatakan jika tembok tersebut akan mengubah keseimbangan alam di sepanjang daerah perbatasan itu, sehingga membuat lingkungan alam terancam, termasuk lebih dari 100 spesies langka.

Egan menyebut ada dua fenomena penting untuk dipertimbangkan ketika membangun setiap jenis penghalang yang mengganggu gerakan hewan atau tanaman.

"Pertama, penghalang seperti itu akan mengakibatkan penyempitan populasi. Dan kedua, penghalang terhadap perubahan gen alamiah akan mengakibatkan tekanan perkembangbiakan atau penurunan kekuatan populasi," ujarnya.

Selain risiko terhadap tanaman dan hewan, Egan mengatakan bukti juga mengungkapkan dampak negatif pada manusia.

Terlebih lagi, Egan prihatin terhadap dua potensi dampak lain yakni pemutusan jalur migrasi alamiah dan besarnya perluasan pada masa depan yang dikendalikan oleh perubahan iklim.

Komentar

 
Embed Widget

x