Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 19:16 WIB

Instagram Jadi Platform Pilihan 'Cyber Bullying'

Oleh : Ibnu Naufal | Jumat, 21 Juli 2017 | 22:33 WIB
Instagram Jadi Platform Pilihan 'Cyber Bullying'
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Media sosial saat ini tidak hanya menjadi sarana para pengguna untuk saling berbagi, tetapi ternyata juga digunakan untuk hal yang tidak diinginkan.

Ubergizmo mewartakan, Beberapa berita dan penelitian mengatakan bahwa media sosial yang ada saat ini juga sangat rentan untuk dipakai sebagai media pelecehan secara online atau cyber bullying.

Sebelumnya, sempat kami beritakan tentang bagaimana para pengguna internet ini mengalami beragam jenis pelecehan yang terjadi secara online, di mana mayoritas mengatakan bahwa platform media sosial merupakan tempat di mana para korban ini menerima pelecehan tersebut. Studi terbaru dari Ditch The Label, sebuah organisasi anti-bullying yang berbasis di Inggris, disebutkan bahwa platform Instagram merupakan platform media sosial yang paling sering terjadi kasus bullying.

Studi tersebut juga menyebutkan bahwa dari semua partisipan berusia 12 hingga 20 tahun, menghasilkan bahwa 42 persen di antaranya telah mendapatkan bullying lewat Instagram, sementara 37 persen mendapatkan kejadian tersebut di platform Facebook, serta sebanyak 31 persen mengalaminya lewat Snapchat.

Survei yang sama juga menyatakan bahwa 70 persen dari partisipan ini percaya bahwa seluruh platform media sosial yang beredar saat ini tidak memiliki kesigapan yang baik dalam mencegah terjadinya cyber bullying tersebut, mengesampingkan bahwa beberapa di antara media sosial ini sudah mencoba berbagai macam fitur dan langkah terbaik untuk menanggulangi hal tersebut.

Tags

 
Embed Widget

x