Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 13:09 WIB

Yuk, Pecahkan Kasus di Game DET: Solve the Mystery

Oleh : Ibnu Naufal | Selasa, 18 Juli 2017 | 12:50 WIB
Yuk, Pecahkan Kasus di Game DET: Solve the Mystery
(ist)
facebook twitter

ANDA pasti sudah terbiasa dengan pemandangan berupa orang-orang yang di manapun mereka berada kerap menunduk. Mereka melihat ke bawah tepat pada layar smartphone mereka dan bukan sekedar melihat, tetapi melakukan sebuah aktivitas seperti berkirim WhatsApp, memberi tanda love pada foto di Instagram atau membalas komen orang-orang pada linimasa yang tengah heboh membicarakan tentang permasalahan politik yang tak kunjung usai.

Ternyata aktivitas mereka tidak hanya itu, salah satunya mungkin sedang asyik bermain game mobile yang baru ini diluncurkan tim Kardus Imajinasi kreator 'Tebak Gambar' yakni 'DET: Solve the Mystery'.

Sepert halnya Tebak Gambar, permainan yang mengedepankan uji imajinasi, logika, dan nalar ini juga berpotensi mendulang kesuksesan yang sama.

Karena dilihat game 'DET: Solve the Mystery' ini tidak melulu berisi ilustrasi gambar lucu dengan beragam warna namun menuntut Anda agar menemukan berbagai petunjuk misteri.

Sebelum Anda memainkannya, ada baiknya untuk menyimak bahasan di bawah ini mengenai seluk-beluk game tersebut.

Deskripsi

Dikutip dalam keterangannya 'DET: Solve the Mystery' mengambil sudut pandang seorang detektif yang andal bernama Det. Game ini dimulai ketika Presiden Dunia memerintahkan si Det untuk menyelesaikan kasus kehilangan yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Disinilah si Det harus memecahkan teka-teki misterius melalui beberapa clue yang ada. Goal pemain adalah membantu si Det dengan menjawab sebuah kata yang berhubungan dengan clue yang diberikan.

Semakin banyak misteri yang terjawab, semakin sulit pula soal yang tersedia untuk memecahkan misteri berikutnya. 'DET: Solve the Mystery' bukan game puzzle biasa, namun unsur misteri inilah yang membuat game ini menjadi unik.

Mengapa misteri? Karena untuk menyelesaikan tiap kasus, dibutuhkan kemampuan berlogika dan memaknai clue yang ada hingga pemain mampu menyimpulkannya menjadi sebuah kata sebagai jawabannya. Kata itu dapat berupa benda, makhluk hidup, nama pekerjaan, atau hal lainnya.

Gameplay dan Level

Game "DET: Solve the Mystery' ini terdiri dari delapan level dan masing-masing level terdapat empat petunjuk gambar yang harus ditebak melalui kata. Seperti yang dijelaskan Kata itu bisa berupa kegiatan,makhluk hidup, transportasi,nama pekerjaan, atau hal lainnya.

Cara bermainnya sangat mudah, dengan melihat gambar dengan kata yang dimaksud lalu Anda tinggal mengetikkan jawabannya lalu cek kebenarannya.

Ada lima buah hati yang Anda punya dan kelima hati tersebut dianggap sebagai sebuah nyawa. Itu artinya jika Anda telah lima kali salah dalam menebak sebuah gambar maka permainan akan berakhir dan Anda harus mengulangi dari gambar awal lagi.

Kehati-hatian dalam menjawab sangat diperlukan dalam memainkan game ini.

Hint

Bagi Anda yang kesulitan untuk menebak, tak perlu khawatir karena 'DET: Solve the Mystery' menyediakan lima hint di tiap levelnya dan juga bisa mendapatkan extra hinta dengan mengklik video iklan. Hint yang akan diberikan berupa huruf acak pada tiap kata yang dimaksud.

Anda juga bisa bertanya sharing ke akun media sosial jika ingin mendapatkan petunjuk dari teman-teman medsos Anda.

Naik Level

Menginjak disetiap level, terdapat Big Boss di mana terdapat dua gambar petunjuk. Jika berhasil memecahkannya, Anda berhak untuk naik ke level selanjutnya dan begitulah seterusnya sampai level delapan.

User Interface

Dengan latar belakang warna Hitam dengan hijau toska, sesuai dengan tema misterinya Anda akan seolah bermain ala detektif sungguh dalam menebak yang terdapat pada gambarnya.

Jenis huruf yang digunakan pun tidak kaku dan penulisannya menggunakan metode huruf kapital semua sehingga memudahkan Anda dalam membacanya. Sketsa dari ilustrasi gambarnya pun sederhana dan bagus.

Selama tim INILAHCOM memainkan game ini, tidak terdapat suara sebagai background musik ataupun music effects. Namun hal ini tidak menjadi soal karena memang yang ditonjolkan dari game ini adalah ilustrasi gambarnya.

Selain itu game ini juga tersedia dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris, sehingga bisa disesuaikan sehingga memungkinkan game ini untuk dimainkan bukan hanya oleh orang Indonesia, tapi juga oleh para gamer yang berada di luar Indonesia.

Saat berbincang dengan INILAHCOM, Irwanto Widyatri selaku Co-Founder Kardus Imajinasi mengatakan target dari game' DET: Solve the Mystery' ini memang untuk merambah pasar Internasional dan diharapkan menembus minimal kelas Asia tenggara.

Kesimpulan

Mengambil formula yang sama dengan game Tebak Gambar rasanya game 'DET: Solve the Mystery' ini juga cukup candu dan mengisi waktu senggang anda yang lebih produktif.

Bayangkan saja, jika Anda tidak bisa memecahkan misteri maka ada rasa penasaran yang sangat besar mengingat masih ada level selanjutnya yang harus dilewati.

Game ini dapat dimainkan saat Anda mempunyai waktu senggang atau justru beramai-ramai seperti yang INILAHCOM lakukan. Ada rasa senang sekaligus merasa jenius ketika berhasil memecahkan teka-teki ini, terdengar berlebihan namun memang demikian, ibarat sedang bertugas seperti Sherlock Holmes dalam memecahkan sebuah kasus.

Tunggu apalagi, segeralah menguji nalar Anda dengan mengunduh game tersebut di Google Play Store dan developer game ini juga mengisyaratkan segera merilisnya di Apple App Store.

Tags

Komentar

 
x