Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 06:41 WIB

Jerman Siapkan Langkah Kurangi Polusi Mesin Diesel

Oleh : - | Senin, 17 Juli 2017 | 20:20 WIB
Jerman Siapkan Langkah Kurangi Polusi Mesin Diesel
(ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Berlin - Jerman tengah mempertimbangkan 'tindakan efektif' demi mengurangi polusi yang dihasilkan mesin diesel, demikian menurut Kementerian Perhubungan negara itu.

Majalah Der Spiegel melaporkan, setelah mendapat tekanan dari industri otomotif, Pemerintah Jerman berencana mengizinkan produsen mobil mematikan teknologi kendali emisi saat suhu di luar turun di bawah 10 derajat. Adapun suhu rata-rata tahunan di negara Eropa itu adalah 9,4 derajat pada 2016 lalu.

Kementerian Perhubungan Jerman mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tidak ada keputusan yang diambil meskipun pembahasan atas rencana itu masih berlanjut. "Laporan oleh Spiegel salah," tambah laporan itu seperti dilansir Reuters.

Saat ini, Jerman diketahui sedang mengerjakan rencana nasional untuk mengurangi polusi dari mesin diesel dan membuat sebuah organisasi baru untuk menguji kendaraan guna memulihkan kepercayaan konsumen menyusul skandal emisi Volkswagen.

Langkah tersebut dilakukan saat Pemerintah Jerman menghadapi tekanan yang semakin besar menjelang pemilihan nasional pada 24 September mendatang untuk mengurangi emisi atau melihat beberapa kota melarang mobil diesel itu sendiri.

Bulan lalu, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Lingkungan Jerman mengumumkan pembentukan 'forum diesel nasional' untuk bekerja sama dengan industri otomotif dan pemerintah daerah guna mengurangi emisi dengan pertemuan pertama yang ditetapkan pada 2 Agustus nanti.

Industri otomotif Jerman berharap rencana yang sedang dibahas pemerintah untuk mengurangi polusi mobil diesel akan menghentikan larangan yang direncanakan beberapa kota di Jerman yang menghalangi konsumen membeli mobil bermesin diesel.

Sumber pemerintah mengatakan kepada Reuters, pembaruan perangkat lunak untuk mengurangi emisi akan menelan biaya 1,5 miliar hingga 2,5 miliar euro. Namun, analis HSBC mengatakan perangkat keras mungkin diperlukan sehingga biaya bisa membengkak hingga 10 miliar euro.

Penjualan mobil diesel anjlok sejak munculnya skandal Volkswagen. Bahkan penjualan turun lebih cepat setelah kota-kota, seperti Stuttgart dan Munchen, mempertimbangkan untuk melarang beberapa jenis kendaraan diesel yang dinilai menyebabkan meningkatnya penyakit pernapasan.

Komentar

 
Embed Widget

x