Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 09:01 WIB

Persahabatan Penyelam dengan Ikan

Oleh : ATR | Sabtu, 15 Juli 2017 | 21:21 WIB
Persahabatan Penyelam dengan Ikan
(Youtube)
facebook twitter

INILAHCOM, Tokyo - Di Jepang ada sebuah kisah tulus persahabatan antara penyelam dengan ikan. Seperti apa?

Saluran Great Big Story di YouTube melalui video unggahan terbarunya memperlihatkan kisah persahabatan antara seorang penyelam dengan seekor ikan ukuran besar di Jepang.

Kisah persahabatan ini terjadi di Tateyama, Jepang, antara seorang penyelam bernama Hiroyuki Arakawa dengan seekor ikan Wrasse jenis Asian Sheepshead.

Selama 25 tahun terakhir, tiap hari Arakawa selalu menyelam untuk menemui ikan yang Wrasse yang diberi nama Yoriko tersebut.

Ikan tersebut jadi jinak ketika 25 tahun yang lalu Arakawa menolong ikan tersebut, yang sedang terluka.

Wrasses adalah ikan laut dari famili Labridae, di mana kebanyakan spesiesnya berwarna cerah. Keluarga ikan ini berjumlah besar, dengan sekitar 500 spesies dari 60 genera.

Mereka pada umumnya adalah ikan kecil, dengan ukuran kurang dari 20 cm panjangnya, meski yang terbesar, Humphead, dapat mencapai panjang 2,5 meter. Mereka adalah karnivora yang efisien, memakan berbagai invertebrata kecil.

Banyak wrasse kecil memakan sisa makanan ikan besar dengan cara mengikutinya dan mengambil sisa makanannya, atau mengambil invertebrata yang terganggu oleh arus ikan besar tersebut.

Wrasse hanya ada di lautan. Mereka ditemukan di Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Umumnya mendiami perairan dangkal seperti terumbu karang dan pantai berbatu di mana mereka hidup dekat dengan substratnya.

Tonton videonya yang mengharukan di bawah ini.

 
x