Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 01:45 WIB

Uji Coba Distribusi Bantuan Kemanusiaan via Drone

Oleh : - | Senin, 3 Juli 2017 | 14:34 WIB
Uji Coba Distribusi Bantuan Kemanusiaan via Drone
(AP Photo)
facebook twitter

INILAHCOM, Kasungu - Dalam rangka untuk mengetahui efektivitas drone dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan selama keadaan darurat dan penggunaan lainnya di bidang pembangunan pemerintah, Malawi dan UNICEF tengah menguji coba koridor udara dekat lapangan terbang Kasungu.

Malawi dan UNICEF meluncurkan koridor udara untuk menguji coba efektivitas drone dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan selama keadaan darurat dan penggunaan lainnya di bidang pembangunan, yang merupakan proyek pertama jenis ini di Afrika.

Mengutip VOA News, Malawi kerap menderita kegagalan panen secara berkala dan rawan bahaya banjir. Negara yang tidak memiliki pantai ini seringkali memerlukan bantuan pangan maupun bantuan lainnya, dan akses jalan yang terbatas di banyak kawasan pedesaannya membuat mereka sulit untuk mendapatkan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Teknologi drone memiliki banyak aplikasi potensial. Satu yang telah kami uji di Malawi adalah untuk mengangkut sampel darah bayi ke laboratorium untuk uji HIV," ujar Johannes Wedening, perwakilan UNICEF setempat, saat peluncuran uji coba itu di Kasungu, 100 km dari ibukota Malawi, Lilongwe.

Koridor uji coba berpusat di lapangan udara Kasungu, dengan radius 40 kilometer dan fokus pada tiga bidang: mengambil citra udara dari situasi krisis, penggunaan drone untuk memperluas cakupan Wi-Fi atau sinyal telepon selular di sepanjang medan yang sulit untuk keadaan darurat, dan mengirimkan pasokan darurat yang berbobot ringan.

"Uji coba pengujian koridor ini khususnya penting untuk mendukung transportasi dan pengumpulan dana dimana infrastruktur transportasi darat tidak memenuhi kelayakan atau sulit selama masa darurat," kata Jappie Mhango, Menteri Perhubungan Malawi, kepada Reuters.

Komentar

 
x