Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 13:01 WIB

Menkominfo: Lebaran Akses Data Naik di Atas 50%

Oleh : Ibnu Naufal | Sabtu, 24 Juni 2017 | 14:30 WIB
Menkominfo: Lebaran Akses Data Naik di Atas 50%
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan momentum lebaran biasanya terjadi kenaikan akses data yang luar biasa.

"Secara industri sudah naik di atas 50 persen," ujar Rudiantara saat memantau jaringan telekomunikasi secara nasional melalui Indosat Ooreddo Network Operation Center (I-NOC), Command Center serta Digital Engagement Center (DEC) dan Ruangan Service Operation Center Net1 Indonesia di Jakarta.

Lebih lanjut, Rudiantara memaparkan penyebab kenaikan akses data akibat kurangnya infrastruktur.

"Yang menyebabkan kenaikan data adalah infastruktur yang masih kurang, skala teori ekonomi, dan masyarakat larinya sudah ke data. Dari sisi teknologi, telephone atau voice pun lewat layanan data; WhatsApp Call, LINE, dan lain-lain lewat aplikasi," jelasnya.

"Habbit masyarakat sekarang mainnya main data. Data paling banyak volumenya adalah video," imbuh Rudiantara lagi.

Ia menyatakan adanya pergeseran teknologi 2G ke 4G. "Sebentar lagi 2G akan hilang karena biaya untuk deliver data dengan 2G puluhan kali lebih mahal daripada 4G," katanya.

Rudiantara juga menambahkan hal itu akan didukung oleh dinamika industri yang membuat harga ponsel yang kian terjangkau masyarakat.

"Tahun 2019, harga ponsel 4G yang buatan dalam negeri ada yang Rp400-an ribu. Sudah murah, ngga ada lagi dibandingkan antara smartphone 4G dan 2G, ngga ada artinya, kita bicara tahun 2019/2020. Pada tahun itu daya beli masyarakat sudah meningkat dan operator akan fokus kepada 4G karena ongkos untuk data lebih murah," jelasnya.

Komentar

 
x