Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 07:23 WIB

Mudik Nyaman dengan Gawai Idaman

Oleh : - | Kamis, 22 Juni 2017 | 15:15 WIB
Mudik Nyaman dengan Gawai Idaman
(ist)
facebook twitter

HARI Raya Idul Fitri tinggal menunggu hari. Banyak orang yang sudah disibukan untuk mempersiapkan momen ini. Termasuk mempersiapkan agenda mudik ke kampung halaman.

Tak bisa dipungkiri perangkat seperti smartphone atau tablet menjadi salah satu gawai yang wajib untuk dibawa. Terutama untuk mengusir kepenatan, mengabadikan suatu momen, menjadi penunjuk jalan di tempat asing, atau berinteraksi dengan kerabat saat Anda dalam perjalanan mudik dengan chat dan sosial media.

INILAHCOM mencoba sajikan tips aman dan nyaman dengan gawai saat perjalanan mudik. Apa saja?

1. Bawa gawai sesuai kebutuhan

Usahakan untuk membawa gawai seringan, seringkas, dan selengkap mungkin. Termasuk mementingkan fiturnya ketika diajak melakukan perjalanan mudik Anda.

Misalnya, sebuah smartphone yang bisa membaca GPS, menelusuri halaman web, menelepon, dual-SIM, dan berkapasitas baterai yang besar.

Smartphone ini jauh lebih ringkas dibandingkan membawa tablet atau laptop sebagai tambahan.

2. Gunakan aplikasi Maps untuk perencanaan perjalanan

Kemanapun tujuan Anda, jangan lupa untuk membuat perencanaan terlebih dahulu. Bagi Anda yang akan merencanakan perjalanan mudik tahun ini, Google Maps dapat menjadi solusi. Keandalannya akan membantu Anda untuk merencanakan perjalanan mudik menjadi lebih praktis dan efektif.

Anda hanya cukup membuka aplikasi Google Maps di perangkat Anda. Contohnya, ketik rumah Anda (misalnya: Pasar Minggu) lalu pilih destinasi (misalnya: Purwokerto), maka rute perjalanan dan jarak tempuh yang Anda butuhkan akan tampil di layar.

Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat alternatif, sehingga memiliki opsi lain untuk dipertimbangkan. Cukup dengan menarik ke bawah/ atas jalan yang telah dipilih, hingga rute alternatif langsung tampak di layar Anda. Setelah itu, simpan penemuan Anda dan sebarkan informasi tersebut ke keluarga Anda.

Untuk perangkat berbasis selain Android, Anda juga bisa menemukan aplikasi serupa seperti di iOS dengan Apple Maps dan Windows Phone dengan Bing Maps.

3. Gunakan holder untuk navigasi perjalanan

Jika Anda menggunakan aplikasi Maps untuk menavigasi perjalanan, kami sarankan Anda menggunakan holder, sehingga Anda bisa meletakkan perangkat seperti GPS, tablet, atau iPad. Ukurannya bisa mulai 5 inci sampai 10 inci dengan posisi yang dapat ditentukan sendiri.

Tentunya dengan menggunakan holder, Anda terbebas dari rasa khawatir ketika mengemudi sambil membaca arah yang ditunjukan perangkat GPS.

Holder ini biasa diletakkan dengan menempelkannya ke kaca mobil pada bagian manapun, sehingga mudah untuk melihat dan memantau gawai saat berkendara. Hal ini sangat membantu saat Anda menggunakan layanan GPS untuk memandu ke suatu tempat.

4. Perhatikan kondisi baterai gawai Anda

Saat perjalanan mudik pastinya kita ingin agar gawai tetap hidup. Selain mempermudah komunikasi, perangkat ini juga dapat membantu mengusir kejenuhan selama di perjalanan. Mendengarkan musik, bermain game, atau berselancar di internet dapat mengubah perjalanan membosankan jadi tidak terasa.

Jika perjalanan Anda panjang dan sepertinya Anda akan tertidur, lebih baik matikan gawi tersebut untuk menghemat baterainya. Alternatif lain, Anda bisa menggunakan power bank untuk mengisi baterai di saat tidak ada sumber daya.

Untuk menghemat baterai gawai, Anda juga bisa melakukan cara :

- Matikan fitur sinyal 3G
- Turunkan kecerahan layar
- Matikan fitur yang tidak perlu (WiFi, Bluetooth, NFC)
- Matikan aplikasi yang menyedot RAM banyak (seperti Facebook, Twitter, dan BBM)

5. Gunakan fitur keamanan

Di dalam smartphone atau tablet, pasti banyak tersimpan data penting yang Anda tidak ingin data tersebut jatuh ke tangan orang lain. Oleh karena itu pasanglah password pada perangkat Anda. Apabila diperlukan, unduh aplikasi tambahan untuk melapisnya.

Jadi apabila perangkat Anda hilang dicuri atau tertinggal, setidaknya Anda bisa sedikit tenang, karena data Anda kemungkinan besar masih aman.

6. Unduh aplikasi antimaling

Smartphone dan tablet adalah sasaran utama pencuri, karena barang ini kecil sehingga mudah dibawa tanpa terlihat dan memiliki harga jual yang tinggi.

Dengan keamanan tiap perangkat yang yang berbeda-beda, disarankan untuk menginstal aplikasi antimaling. Apalagi, saat ini banyak tersedia aplikasi yang sengaja didesain untuk mengantisipasi kondisi saat perangkat Anda dicuri.

Instal aplikasi tersebut pada semua perangkat yang Anda bawa saat mudik, sehingga masih bisa menelusuri keberadaannya apabila perangkat hilang atau dicuri.

7. Gunakan jaringan WiFi yang aman

Apabila Anda memanfaatkan jaringan WiFi di bandara, stasiun, terminal, tempat peristirahatan atau lobi hotel, gunakan jaringan WiFi yang terproteksi ole password. Jaringan WiFi yang menggunakan password akan lebih aman daripada jaringan yang 'open'.

Karena pada jaringan WiFi 'open', pihak lain yang tidak bertanggung jawab bisa bebas masuk dan lebih mudah untuk melakukan kegiatan peretasan pada perangkat lain yang menggunakan jaringan tersebut.

Apabila Anda ingin mengakses akun online yang penting, seperti mengakses internet banking atau melakukan pembayaran online dengan menggunakan nomor kartu kredit Anda, pastikan Anda mengakses URL yang diawali dengan 'https', bukan 'http'.

Hal ini akan lebih aman karena 'https' selalu melakukan enskripsi data pada saat pengguna mengaksesnya. [ikh]

Komentar

 
x