Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 12:25 WIB

Jaringan Telekomunikasi Siap Layani Mudik Lebaran

Oleh : Ibnu Naufal | Selasa, 20 Juni 2017 | 01:30 WIB
Jaringan Telekomunikasi Siap Layani Mudik Lebaran
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) memastikan jaringan telekomunikasi seluruh operator seluler siap melayani peningkatan dan pergerakan trafik, khususnya selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1438 Hijriah.

Komisioner BRTI Muhammad Imam Nashiruddin mengungkapkan, BRTI telah melakukan drive test atau uji coba jaringan terhadap sejumlah jaringan seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL, Hutchison 3 Indonesia (Tri), Smartfren, Smart Telecom, dan Sampoerna Telekom Indonesia (N1), seminggu Ramadan dan memastikan seluruh jaringan seluler siap melayani para pemudik dalam menggunakan layanan suara atau telepon, SMS dan layanan data.

Uji kualitas layanan telepon terdiri dari tingkat keberhasilan panggilan, kegagalan panggilan, kualitas suara dan lama waktu sambung. Sedangkan uji kualitas layanan SMS menggunakan parameter uji seperti tingkat keberhasilan pengiriman dan lama pengiriman SMS.

Adapun uji kualitas layanan data atau mobile internet diuji dengan menggunakan parameter seperti kecepatan rata-rata unduh dan tingkat keberhasilan unduh.

Imam mengatakan salah satu titik utama kedatangan mudik nasional adalah Semarang, karena cukup banyak warga Semarang yang tinggal di Jakarta atau di kota lain.

"Semarang juga menjadi kota transit mudik dengan tujuan Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan sekitarnya," ujar Imam dalam siaran persnya.

Sama halnya dengan uji kualitas layanan data. BRTI memastikan layanan data seluruh operator seluler sangat maksimal. Dalam uji kualitas layanan data itu, BRTI menargetkan download ratio untuk masing-masing operator seluler 1Mbps.

Dari hasil uji petik tersebut, secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik sekali sehingga jaringan telekomunikasi seluler di jalur mudik darat Jakarta-Semarang dinyatakan siapmelayani arusmudik, lebaran dan arus balik tahun 2017.

Pengujian kesiapan jaringan telekomunikasi dilaksanakan sepanjang Mei 2017 lalu serentak di 10 Kota di Indonesia meliputi Jakarta, Batam, Balikpapan, Bandung, Surabaya, Makassar, Lampung, Semarang, Medan, dan Padang. [ikh]

Komentar

 
x