Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 04:59 WIB

Setelah Chipset, Samsung Juga Garap GPU Sendiri?

Oleh : - | Rabu, 14 Juni 2017 | 18:50 WIB
Setelah Chipset, Samsung Juga Garap GPU Sendiri?
(Foto: arenalte)
facebook twitter

INILAHCOM, Seoul - Samsung sangat dominan di industri smartphone dengan kemampuan mereka untuk memasok sendiri kebutuhan komponen bagi produk smartphone yang mereka pasarkan. Mulai dari layar, baterai, chipset, RAM, memori internal, sampai prosesor bisa diproduksi sendiri oleh anak perusahaan mereka.

Kini daftar komponen yang diproduksi oleh Samsung sendiri tampaknya bakal bertambah, seiring dengan munculnya kabar jika raksasa teknologi Korea Selatan ini bakal mengembangkan sendiri komponen GPU untuk perangkat mobile yang nantinya akan dijuluki sebagai S-GPU.

Meski demikian, rencana ini agaknya bakal mendapatkan sedikit hambatan, pasalnya Samsung masih memiliki sebuah kesepakatan eksklusif dengan Qualcomm yang melarang mereka menjual chipset Exynos ke produsen smartphone lain, Dengan kata lain, chipset Exynos secara legal hanya diperkenankan untuk dipakai dalam produk smartphone Samsung saja.

Namun, kabarnya Samsung siap menyiasati hal ini dengan cara membuat sebuah anak perusahaan baru yang memang disiapkan untuk memproduksi chip prosesor bagi perusahaan lain, dan kini anak perusahaan tersebut tengah mengembangkan komponen GPU mobile rancangan sendiri.

Tidak menutup kemungkinan juga kalau komponen S-GPU tersebut bakal siap dipakai saat flagship Galaxy S9 rilis di awal tahun depan.

Sebelumnya sempat muncul kabar kalau Samsung siap menggunakan GPU lisensi dari NVIDIA dan AMD, jadi ada kemungkinan kalau GPU tadi bakal menggunakan teknologi dari salah satu perusahaan tersebut.

Tags

Komentar

 
x