Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 13:04 WIB

Pencipta Android Resmi Umumkan Essential PH-1

Oleh : - | Rabu, 31 Mei 2017 | 11:00 WIB
Pencipta Android Resmi Umumkan Essential PH-1
(gsmarena.com)
facebook twitter

INILAHCOM, Nebraska - Masih ingat kabar yang menyebut bahwa sang pencipta Android, Andy Rubin, bakal membesut produk smartphone sendiri? Kini, melalui perusahaan yang ia dirikan, yakni Essential Products Inc, mantan orang penting di Google ini resmi mengumumkan kehadiran Essential PH-1. Seperti apa?

Secara tampilan, Essential PH-1 hadir dengan desain tanpa bezel di ketiga sisi mirip seperti Xiaomi Mi Mix, kemudian mempunyai tepian yang sangat tipis di bagian bawah seperti Samsung Galaxy S8, serta konsep ponsel modular sebagai intinya.

Smartphone ini dilengkapi spesifikasi yang terbilang high-end, seperti pemakaian chipset Snapdragon 835, RAM 4GB, dan memori internal 128GB. Untuk membedakannya dari produk lain, Essential PH-1 rilis tanpa dipenuhi oleh bloatware, juga tanpa logo seperti produk kelas flagship pada umumnya.

Rubin menjelaskan produk smartphone perdana besutan perusahaan barunya ini memiliki tiga filosofi utama.

"Pertama, perangkat ponsel adalah properti yang bersifat pribadi, jadi mereka tak akan memaksa menyertakan apapun yang tak diinginkan pelanggan."

"Kedua, Essential akan selalu terbuka untuk platform lain, bukan tertutup untuk satu ekosistem saja karena keyakinan tersebut sudah kuno."

"Dan ketiga, perangkat seharusnya tidak perlu menjadi ketinggalan jaman setiap tahunnya, dan memiliki kemampuan untuk berevolusi seperti pengguna."

Meski menggunakan tampilan desain seperti gabungan antara Mi Mix dan Galaxy S8, namun Essential PH-1 diklaim memiliki kelebihan penting yang tak dimiliki kedua handset tersebut, yakni tingkat ketahanan tinggi dan dirancang untuk bisa bertahan selama mungkin.

Untuk memastikannya, Essential menggunakan bahan titanium untuk bodi Essential PH-1. Dengan bahan yang terkenal sangat kokoh ini, bodi ponsel masih tetap utuh bahkan ketika dijatuhkan, tanpa meninggalkan bekas bengkok atau goresan seperti yang biasa tampak di bahan aluminium.

Panel belakangnya pun menggunakan bahan keramik yang terbukti memiliki ketahanan tinggi terhadap goresan.

Fitur utama untuk Essential PH-1 adalah dukungan untuk fungsi modular bagi berbagai macam aksesori. Handset ini memiliki sebuah konektor magnet dalam bentuk dua buah titik yang terletak di bagian belakang perangkat. Smartphone ini juga memiliki sebuah konektor untuk transfer data wireless dengan kecepatan hingga 6Gbps.

Untuk fitur kamera, Essential PH-1 menggunakan sistem seperti yang dipakai di iPhone 7 Plus dimana sensor keduanya merupakan kamera monokrom untuk menangkap lebih banyak cahaya. Hasil foto nantinya bakal digabungkan dari kedua kamera untuk menghasilkan foto berkualitas terbaik.

Adapun di bagian depan, tersemat sebuah kamera berkekuatan 8MP dengan kemampuan merekam video 4K, ideal untuk Anda yang gemar video blogging.

Mengikuti tren saat ini, Essential PH-1 juga akan mengandalkan port USB Type-C saja, tanpa kehadiran port audio jack 3,5mm.

Rubin mengatakan bahwa saat ini Essential PH-1 sudah bisa dipesan, namun sifatnya masih sebatas pemesanan tempat saja, bukan pre-order. Essential masih belum memberikan jadwal pasti peredarannya, namun telah memastikan bahwa mereka bakal membanderol smartphone perdananya ini seharga US$700 atau sekitar Rp9,3 juta.

Bersamaan dengan kehadiran smartphone ini, Essential juga memperkenalkan sebuah kamera 360 derajat yang bisa menempel lewat titik magnet di panel belakang. Aksesoris menarik ini dijual terpisah dengan harga U$50 atau sekitar Rp666 ribu.

Berikut spesifikasi lengkap Essential PH-1:

- Android 7.1 Nougat
- layar berukuran 5,71 inci dengan rasio 19:10
- tingkat resolusi 2560 x 1312 (Quad-HD)
- chipset Snapdragon 835 octa-core 2.45GHz
- RAM 4GB
- GPU Adreno 540
- kamera belakang ganda 13MP (dual RGB dan mono fusion system)
- kamera depan 8MP dengan kemampuan merekam video 4K
- memori internal UFS 2.0 128GB
- baterai 3040mAh dengan fitur fast charging
- port USB Type-C
- bodi titanium, panel belakang keramik, Gorilla Glass 5
- sensor sidik jari di bagian belakang
- dock magnetik, konektor aksesori wireless 6Gbps
- microphone 4x dengan dukungan untuk noise cancellation
- Bluetooth 5.0 LE
- dimensi 141,5 x 71,1 x 7,8mm
- bobot 185 grams
- warna Stellar Gray, Ocean Depths, Black Moon, Pure White.

Komentar

 
x