Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 18:10 WIB

General Motors Kembali Kena Gugat di AS

Oleh : - | Senin, 29 Mei 2017 | 19:10 WIB
General Motors Kembali Kena Gugat di AS
GMC Sierra - (caranddriver.com)
facebook twitter

INILAHCOM, Detroit - Raksasa otomotif AS, General Motors (GM), kembali menghadapi gugatan atas produk mereka dengan tuduhan kecurangan dalam uji emisi tes untuk Chevrolet Silverado dan GMC Sierra.

Gugatan yang meliputi 705 ribu unit truk pikap yang menggunakan mesin diesel Duramax itu didaftarkan kepada pengadilan federal Detroit pada pekan lalu oleh firma hukum Hagens Berman, yang sekitar setahun lalu juga mengajukan gugatan serupa terhadap GM untuk produk Chevrolet Cruze Diesel.

Firma hukum tersebut juga merupakan perwakilan penggugat pada kasus skandal emisi diesel Volkswagen, yang berujung pada ganti rugi serta denda miliaran dolar AS yang harus dikeluarkan oleh pabrikan Jerman tersebut.

Gugatan itu secara umum meliputi Chevrolet Silverado dan GMC Sierra keluaran 2011-2016, yang menggunakan mesin diesel Duramax yang dituding menggelontorkan nitrogen-oksida dua hingga lima kali lipat dari ambang batas yang ditetapkan regulasi.

Pemasok suku cadang asal Jerman, Bosch, juga didaftarkan sebagai pihak tergugat dalam gugatan tersebut, karena dituduh 'mengetahui serta terlibat dalam siasat untuk menghindari prasyarat emisi AS'.

Kedua perusahaan, GM dan Bosch, dituduh mengembangkan software untuk mendeteksi situasi uji emisi dan menyesuaikan keluaran emisinya pada saat tersebut, namun kendali emisi tak berfungsi ketika uji emisi alias tak terdeteksi.

"Klaim ini tidak berdasar dan kami akan berusaha keras membela diri. Mesin diesel Duramax di Chevrolet Silverado dan GMC Sierra, sepenuhnya sesuai dengan regulasi emisi US EPA dan CARB," demikian pernyataan resmi GM yang dikeluarkan menanggapi gugatan tersebut seperti dilansir The Detroit News.

Sementara Bosch memilih untuk tidak mengeluarkan pernyataan lebih lanjut karena dikhawatirkan bakal mengganggu jalannya penyelidikan sebagai bagian dari kebijakan resmi perusahaan.

GM menjadi pabrikan otomotif kesekian yang tercsandung beragam skandal uji emisi diesel sejak 2015 silam, termasuk gugatan publik yang didaftarkan Departemen Kehakiman AS terhadap Fiat Chrysler Automobiles NV yang dituduh menggunakan software khusus untuk uji emisi 100 ribu unit mobil mereka yang bermesin diese

Komentar

 
x